Pengoperasian ring palapa tingkatkan kualitas layanan e-goverment

Pengoperasian ring palapa tingkatkan kualitas layanan e-goverment

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap. ANTARA/Muhsidin/pri.

Biak (ANTARA) - Bupati Kabupaten Biak Numfor,Papua Herry Ario Naap mengatakan, peresmian pengoperasian jaringan ring palapa di wilayah Timur Indonesia sangat mendukung dalam meningkatkan kualitas pelayanan elektronik pemerintahan (e-goverment).

"Layanan pemerintahan di lingkungan Kabupaten Biak Numfor telah sebagian besar terkoneksi dalam jaringan (online) sehingga dengan peresmian jaringan ring palapa berkecepatan tinggi mampu meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat setempat," kata Bupati Biak Herry Ario Naap menanggapi peresmian ring palapa Timur Indonesia, Senin.

Baca juga: Menkominfo sebut Indonesia akan tambah 3 satelit

Jajaran Pemkab Biak Numfor, lanjut Bupati Herry Naap, menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah meresmikan jaringan internet ring palapa berkecepatan tinggi menggunakan kabel optik di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bupati Herry Naap mengatakan, fungsi dan tujuan layanan e-goverment adalah untuk meningkatkan suatu mutu layanan publik, dengan memanfaatkan sebuah teknologi informasi internet dalam jaringan.

Baca juga: Pemkab Jayapura harap Palapa Ring sukseskan pasar ekonomi digital

Melalui layanan e-goverment, lanjutnya, maka proses penyelenggaraan pemerintah daerah supaya dapat cepat serta terbentuk tata kelola kepemerintahan yang bersih, transparan sebagai tuntutan perubahan secara efektif dan efesien.

Layanan di pemerintahan online yang telah dilakukan Pemkab Biak menggunakan internet, menurut Bupati Herry Naap, diantaranya pelayanan tender pengadaan barang jasa online, perekaman data kependudukan elektronik (E-KTP), pelayanan perizinan terpadu satu pintu.

Baca juga: Jokowi tandatangani prasasti digital resmikan operasi Palapa Ring

Serta layanan lain yang juga berbasis online, lanjut Bupati Herry Naap, adalah pembayaran pajak bumi dan bangunan online, layanan keuangan daerah tentang Surat Perintah Pencairan Dana online (SP2D) berbasis dalam jaringan, administrasi kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) serta beberapa kebijakan pemerintah memanfaatkan jaringan internet.

Bupati Herry Naap mengakui, manfaat paling nyata dirasakan Pemkab Biak Numfor dengan adanya layanan e-goverment yakni untuk memperbaiki kualitas dalam pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat.

Dengan adanya peresmian jalur ring palapa Timur Indonesia, lanjut Bupati Herry Naap, maka Pemkab Biak Numfor secara langsung sangat mendapatkan manfaat dampak positifnya atas pengoperasian jaringan internet yang menggunakan kabel optik.

"Ya, Pemkab Biak Numfor berharap pemenuhan jaringan internet ring palapa juga menjawab nawacita Presiden Joko Widodo untuk membangun dari pinggiran desa di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Bupati Herry Naap mengharapkan setelah beroperasinya jaringan internet ring palapa Timur dapat menyerap tenaga kerja orang asli Papua untuk mengoperasikan layanan komunikasi dan informasi.

Hingga, Senin, aktivitas layanan pemerintahan di lingkup Pemkab Biak Numfor telah menggunakan jaringan internet kabel optik indihome seperti pelayanan perizinan terpadu satu pintu, pembayaran pajak daerah online, penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online, perekaman data kependudukan elektronik.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ferdinan, antara harapan dan impian tanpa batas

Komentar