Zigi Zaresta gagal raih medali di World Beach Games 2019

Zigi Zaresta gagal raih medali di World Beach Games 2019

Karateka Indonesia Ahmad Zigi Zaresta beraksi pada karate nomor kata perseorangan putra di ajang World Beach Games I 2019 di Doha, Qatar, Minggu (13/10/2019). (ANTARA/HO/Tim Media KOI)

Jakarta (ANTARA) - Karateka Indonesia Ahmad Zigi Zaresta gagal meraih medali cabang karate nomor kata perseorangan putra pada World Beach Games I 2019 di Katara Beach, Doha, Qatar, Minggu waktu setempat.

Kegagalan meraih medali itu diakui Zigi karena gerakan yang dibawakannya masih belum sempurna sehingga jurus Anandai yang diperagakan pada perebutan medali perunggu hanya mampu meraih 24,54 poin. Sementara lawan, Gakuji Tojaki, dari Amerika Serikat unggul setelah membawakan jurus Ohandai dan meraup 25.01 poin.

"Saya memang sempat goyah saat membawakan jurus Anandai karena pasir yang saya injak tidak padat setelah dibersihkan petugas lapangan. Dan, saya juga mengakui gerakan masih kurang sempurna," kata Zigi seperti dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Sementara itu, medali emas diraih oleh karateka Spanyol Damian Quintero dengan 26,40 poin, sedangkan medali perak direbut oleh Wang Yi (Taipei) dengan 24,90 poin.

Baca juga: Menpora Hanif Dhakiri lepas Kontingen World Beach Games 1

Zigi mengakui harus menyempurnakan jurus-jurusnya apalagi dia juga ditargetkan bisa merebut medali emas di SEA Games 2019 serta meraih tiket menuju Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya harus mempersiapkan diri lebih baik. Di SEA Games 2019, saya punya target masuk final dan mempersembahkan medali emas bagi Kontingen Indonesia. Target lain, saya akan berusaha bisa menembus Olimpiade Tokyo," tuturnya.

Meski gagal meraih perunggu, pelatih tm karate Indonesia Abdullah Kadir mengaku bangga dengan penampilan anak asuhnya itu karena mampu mengimbangi lawan-lawannya yang berada di peringkat terbaik dunia.

Baca juga: Zigi Zaresta melaju ke delapan besar World Beach Games 2019

"Saya menilai lawannya tidak terlalu istimewa dalam membawakan jurus Ohandai. Kalau saja Zigi tidak goyang dalam membawakan jurus Anandai pasti medali perunggu itu menjadi miliknya," kata Abdullah.

"Ini prestasi luar biasa. Sebab, Zigi yang berada di grup neraka mampu lolos ke babak final perebutan medali. Dan, saya bersyukur Zigi sudah mampu berada di peringkat empat besar World Beach Games 2019," ucapnya menambahkan.

Sebelumnya, Zigi melaju ke babak delapan besar setelah tampil membawakan jurus Unshu dan menduduki peringkat keempat dengan mengantongi 24,20 poin.

Baca juga: Timnas voli pantai mulai adaptasi dengan cuaca Doha

Untuk kategori karate kata perseorangan putri, Sandra Sanchez dari Spanyol menyabet medali emas, unggul atas Fatemeh Sadegih dari Iran yang meraih medali perak, sementara medali peunggu diraih Maria Dimitrova dari Dominika, yang mengalahkan Sakura Kokumai dari Amerika Serikat.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar