Shopee luncurkan program ekspor produk lokal ke Singapura dan Malaysia

Shopee luncurkan program ekspor produk lokal ke Singapura dan Malaysia

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kiri) dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja (tengah) saat peluncuran Program Ekspor Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global di Jakarta, Senin (14/10/2019). ANTARA/Ade Irma Junida

Di tahap ini kami belajar apa saja masalah ekspor
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan perdagangan daring Shopee Indonesia meluncurkan program ekspor produk lokal bertajuk "Ekspor Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global" ke Singapura dan Malaysia sebagai komitmen mendukung penjual lokal menjangkau pasar yang lebih luas.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam acara peluncuran di Jakarta, Senin, mengatakan program tersebut telah dimulai Maret 2019 dengan membina sejumlah penjual lokal untuk bisa belajar mengembangkan bisnisnya ke pasar global.

"Kita resmi meluncurkan Program Ekspor Kreasi Nusantara, dimulai dari Singapura dan Malaysia. Mereka sudah ikuti program dari Maret lalu dan mereka belajar bagaimana mengembangkan bisnis dari lokal ke global," katanya.

Baca juga: Cristiano Ronaldo berhasil dongkrak bisnis Shopee

Handhika menambahkan program ekspor ke dua negara itu menjadi proyek percontohan bagi perusahaan untuk melihat masalah-masalah yang mungkin dihadapi dalam ekspor.

"Di tahap ini kami belajar apa saja masalah ekspor. Begitu sudah lancar dari segi penjual, pembayaran, logistik, dan lainnya, baru kita akan kembangkan lagi pada akhir tahun ini atau awal tahun depan untuk bisa ekspor ke tujuh negara di tempat Shopee beroperasi," ungkapnya.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang secara resmi meluncurkan program tersebut menyambut baik inisiatif e-commerce asal Singapura untuk mendorong ekspor produk Indonesia.

"Ini langkah positif untuk meningkatkan ekspor kita di tengah masuknya barang impor," katanya.

Enggar berharap e-commerce lainnya bisa ikut menyusul melakukan hal yang sama, yakni mendorong ekspor produk lokal Indonesia ke pasar global.

"Ini (ekspor), sesuatu yang mendahului rekan-rekan lain. Setelah Shopee melakukan ekspor, diharapkan teman-teman lain juga mau melakukan hal yang sama," katanya.

Program Ekspor Kreasi Nusantara telah melatih 10 penjual Shopee dengan potensi ekspor 5.000 produk lokal.

Inisiatif program ekspor itu telah beroperasi mulai dari 23 September 2019 yang memamerkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, seperti fesyen, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, hingga perlengkapan rumah tangga.

Kreasi Nusantara sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia, dan untuk menggerakkan kemandirian digital UMKM sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi nasional.

Program ekspor tersebut juga akan hadir dalam kampanye tahunan 11.11 Big Sale yang digelar 14 Oktober-11 November 2019.

Baca juga: Telkomsel perkuat kerja sama Garena-Shopee mudahkan para gamer

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dhika Bhayangkara resmi berseragam Persib Bandung

Komentar