Dubes RI untuk Azerbaijan apresiasi potensi UMKM Kota Malang

Dubes RI untuk Azerbaijan apresiasi potensi UMKM Kota Malang

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (kiri) memberikan kenang-kenangan berupa topeng Malang kepaa Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan Husnan Bey Fananie saat kunjungan kerja ke Kota Malang, Senin (14/10) (ANTARA/HO/PEMKOT MALANG)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Duta Besar (Dubes) RI untuk Azerbaijan Husnan Bey Fananie mengapresiasi potensi besar keberadaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Malang yang mampu menembus pasar internasional.

"Kota Malang merupakan salah satu kota yang punya potensi dalam banyak hal yang sudah menginternasional, salah satunya adalah pengembangan sektor ekonomi kreatif yang cukup pesat dan patut kita apresiasi," kata Husnan Bey Fananie saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Malang, Jawa Tmur, Senin.

Apresiasi yang diberikan kepada Kota Malang tersebut, salah satunya karena kota pendidikan itu berpartisipasi dan meramaikan gelaran Indonesian Culture Festivals (ICF) di kota Baku, Azerbaijan pada 9-16 September lalu.

Sebagai kota kreatif dan pertumbuhan UMKM yang mampu menembus pasar internasional, Kota Malang diminta untuk berpartisipasi dan memamerkan produk-produk unggulannya dalam gelaran ICF yang bertujuan mengenalkan budaya Indonesia pada masyarakat di Azerbaijan.

Dalam gelaran ICF yang berlangsung selama sepekan itu, selain mengenalkan budaya, warga Azerbaijan juga bisa menyaksikan langsung budaya, hiburan dan makanan khas Indonesia.

Baca juga: KBRI gelar festival di Azerbaijan kenalkan seni budaya Indonesia

Baca juga: Pengusaha Indonesia promosi produk di festival budaya di Azerbaijan


Di ajang ICF tersebut, UKM asal Kota Malang yang bergerak pada bidang fesyen turut memamerkan karya busana batik khas Indonesia.

"Kami sangat senang diterima baik di kota ini. Jalinan kerja sama ini saya harap tidak sampai di sini saja. Ke depan bidang lain juga dapat dijalin kerjasamanya," kata Husnan Bey Fananie.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang menyambut Dubes RI untuk Azerbaijan itu mengatakan kerja sama dalam bidang apapun akan dilakukan Kota Malang selama itu mendukung pengembangan potensi daerah. Tidak hanya UKM, nanti pastinya akan berdampak pada hal lain, seperti ekonomi kerakyatan dan pariwisata.

"Tentu kami akan menyambut baik peluang-peluang ini dan apresiasi Dubes serta masyarakat Azerbaijan pada Kota Malang ketika mengikuti ajang ICF beberapa waktu lalu menjadi bukti Kota Malang bisa," tuturnya.

Di ajang ICF di Kota Baku, Azerbaijan, produk-produk unggulan Kota Malang yang dipamerkan tidak hanya menarik perhatian banyak pihak, namun berbagai produk yang disajikan sangat berkualitas tinggi dan mampu bersaing dengan daerah serta negara lain.

Pada saat gelaran ICF, Wali Kota Malang Sutiaji sempat berteleconference dengan Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan.*

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dubes RI untuk Azerbaijan puji produk UMKM asal Malang

Komentar