Ratusan wisatawan dipastikan hadiri Festival Bahari Raja Ampat

Ratusan wisatawan dipastikan hadiri Festival Bahari Raja Ampat

Pemandangan alam Raja Ampat dari puncak destinasi wisata Telaga Manta Kepulauan Fam (Foto Antara Papua Barat/ Ernes)

Waisai (ANTARA) - Ratusan wisatawan asing maupun domestik dipastikan menghadiri pelaksanaan Festival Bahari Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, pada 18 hingga 23 Oktober 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Senin, mengatakan pada momentum Festival Bahari akan ada paket tour atau perjalanan wisata khusus yang diatur oleh travel G-TOUR, Ethnic Journey, serta Himpunan Pramuwisata Indonesia Kabupaten Raja Ampat.

Dia mengatakan bahwa sekitar 200 wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan mengikuti paket tour tersebut, meramaikan festival Bahari serta mengunjungi destinasi wisata alam Kepulauan Fam dan Teluk Mayalibit.

Menurut dia, sebenarnya banyak wisatawan asing ingin datang ke Raja Ampat pada momentum Festival Bahari, namun konflik Papua akhir-akhir ini ditambah informasi pembatasan orang asing ke Papua membuat wisatawan ragu-ragu ke Raja Ampat.

"Beberapa waktu lalu Gubernur Papua Barat telah mengeluarkan surat yang menyatakan bahwa Papua Barat aman dan wisatawan boleh datang ke Papua Barat sebagai upaya agar wisatawan mengunjungi Raja Ampat," ujarnya.

Baca juga: Pemprov beri jaminan keamanan wisatawan festival Bahari Raja Ampat

Baca juga: Tukar sampah dengan koin emas di Festival Bahari Raja Ampat


Dikatakan, persiapan Festival Bahari sudah hampir final baik persiapan di lokasi acara maupun destinasi yang akan dikunjungi oleh wisatawan.

Ia mengungkapkan, Festival Bahari merupakan salah ajang promosi sehingga pemerintah daerah terus berupaya agar pelaksanaannya dari tahun ke tahun semakin baik.

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah mendorong agar pelaksanaan Festival Bahari benar-benar membawa dampak pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

"Tahun lalu Festival Bahari Raja Ampat mendapat penghargaan nasional sebagai festival nomor satu untuk kategori alam dan juara tersebut akan dipertahankan pada pelaksanaan tahun ini," tambah dia.*

Baca juga: Raja Ampat siapkan tiga lokasi penyelenggaraan festival Bahari

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Senat, tikar serbaguna khas Pulau Paam Raja Ampat

Komentar