Tim medis Makassar data kesehatan pengungsi Wamena

Tim medis Makassar data kesehatan pengungsi Wamena

Susana penjemputan pengsungsi Wamena yang tiba dengan KM Gunung Sinabung di Terminal Penumpang, Pelabuhan Makassar, Selasa (15/10/2019). ANTARA / Suriani Mappong

Makassar (ANTARA) - Tim medis Kota Makassar bersama tim relawan di antaranya Forum Sulsel Peduli (FSP) dan PMI Makassar melakukan pendataan kondisi kesehatan pengungsi Wamena yang terus berdatangan di Makassar baik melalui Bandara Sultan Hasanuddin maupun Pelabuhan Makassar.

"Setiap kedatangan pengungsi kami hadir melakukan penjemputan untuk memantau dan mendata kesehatan pengungsi dari Wamena," kata Kadis Kesehatan dr Naisyah tun Asikin di Makassar, Selasa.

Pengungsi Wamena yang tiba di Makassar sebagian besar adalah orang Sulsel yang telah kembali ke kampung halamannya secara bertahap dengan menggunakan pesawat Hercules, kapal TNI dan kapal Pelni.

Baca juga: ACT Sulsel siapkan logistik dan layanan medis sambut pengungsi Wamena

Khusus pengungsi Wamena yang tiba pada Senin (14/10) malam dengan KM Gunung Sinabung tercatat 861 orang. Mereka yang tiba di terminal penumpang Pelabuhan Makassar, sebagian besar sudah kembali ke kampung atau ke rumah keluarganya dengan menggunakan transportasi yang telah disiapkan.

Sementara yang masih transit, ditampung di rumah Dinas Sosial kawasan Jl AP Pettarani Makassar. Adapun pengungsi Wamena yang menyusul dan diprediksi tiba malam ini dengan KM Dobonsolo yang mengangkut 1.147 pengungsi pada pukul 22.00 Wita.

Baca juga: Ratusan warga Sulsel pengungsi Wamena tiba di Makassar
Baca juga: Pemda Sulsel jemput pengungsi Wamena


"Sebelum pulang ke kampung atau ke lokasi transit, terlebih dahulu kami memberikan peluang untuk pemeriksaan kesehatan gratis," kata Naisyah.

Dari hasil pemeriksaan secara umum para pengungsi Wamena yang tiba di Makassar tidak ada yang memiliki penyakit serius. Rata-rata hanya kecapekan karena perjalanan jauh.

Sementara itu Tim FSP Sulsel membantu para pengungsi dengan pemenuhan kebutuhan logistik seperti makan dan minum. Termasuk membantu pendataan pengungsi di lapangan.

Baca juga: Pemprov Papua harap warga Sulsel terdampak rusuh Wamena tetap tinggal
Baca juga: IKT nyatakan Pemprov Sulsel siap jemput 1.400 pengungsi Wamena

 
Kadis Kesehatan Kota Makassar dr Naisyah tun Asikin (tengah) bersama tim FSP (rompi) disela penjemputan pengsungsi Wamena yang tiba dengan KM Gunung Sinabung di Terminal Penumpang, Pelabuhan Makassar, Selasa (15/10/2019). ANTARA/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

TNI AU pulangkan pengungsi pelajar dan guru Wamena

Komentar