Jakarta (ANTARA) - Aktris-penyanyi Sulli, yang ditemukan meninggal di rumahnya, Senin (14/10), akan dimakamkan secara tertutup.

Dilansir Straits Times, agensi SM Entertainment mengatakan tempat pemakaman Sulli tidak akan diumumkan pada publik agar tidak didatangi penggemar dan pewarta.

Agensi besar itu meminta media untuk menerima pengumuman itu dengan lapang dada, serta menambahkan keluarga Sulli ingin "perjalanan terakhir Sulli" berlangsung "indah".

Menurut Departemen Pemadam Kebakaran Seongnam, gadis 25 tahun yang pernah jadi anggota grup K-pop f(x) itu ditemukan meninggal ketika paramedis tiba di lokasi kejadian.

Baca juga: 15 tahun perjalanan karir Sulli mantan anggota grup K-pop f(x)

Mereka mengirim ambulan ke rumah Sulli saat menerima telepon dari manajer Sulli pada pukul 15.20 waktu setempat, Senin. Manajer tidak bisa menghubungi Sulli setelah terakhir kali menelepon sehari sebelumnya.

Paramedis mengatakan Sulli menunjukkan tanda-tanda gagal jantung dan kasus itu diserahkan kepada polisi.

Menurut News Room JTBC, polisi menemukan catatan berisi tulisan tangan Sulli mengenai hidupnya, di rumahnya.

Tidak ada tanda-tanda pembobolan di rumahnya.

Mereka meyakini Sulli masih bekerja hingga sehari sebelum kematiannya, dan sudah dijadwalkan untuk syuting iklan untuk tas bermerek Stretch Angels.

Baca juga: Sulli meninggal, ini pernyataan SM Entertainment

Kematian Sulli, menurut warganet dunia, adalah contoh lain dari artis K-pop yang tersudut akibat tekanan industri hiburan.

Dikutip dari Hollywood Reporter, ada ribuan anak-anak yang bermimpi menjadi bintang K-pop. Mereka yang beruntung bisa menghabiskan waktu untuk berlatih bertahun-tahun sebagai pemagang. Mereka, sebagai pemagang, terkadang menghadapi diet berbahaya, aturan sosial yang ketat (tidak boleh pacaran), dan jadwal padat serta operasi plastik dan prosedur memutihkan kulit.

Pada 2017, industri itu menarik perhatian setelah (Jonghyun), anggota Shinee, bunuh diri, menulis catatan bunuh diri bahwa dia 'merasa hancur di dalam'.

Kematian Sulli membuat para artis menangguhkan aktivitas terbaru mereka, termasuk Amber Liu yang dulu sama-sama menjadi anggota f(x).

Baca juga: Unggahan terakhir Sulli eks f(x) di Instagram sebelum meninggal

Super Junior yang merilis album baru pada Senin (14/10) juga membatalkan siaran langsung di platform streaming V Live yang direncanakan pada pukul 10 malam waktu setempat.

Grup idola SuperM juga membatalkan rekaman mereka untuk pertunjukan khusus mereka "SuperM: The Beginning" di Seoul di SBS Public Hall, Senin (14/10).

Teman-teman Sulli pun menuangkan perasaan mereka di media sosial.

Baca juga: Sulli meninggal, sejumlah acara K-pop dibatalkan

Goo Hara sebagai mantan anggota grup Kara mengunggah fotonya bersama Sulli di Instagram dan menulis, "Di dunia itu, kuharap dia bisa melakukan apapun yang dia mau." Goo Hara tercatat pernah mencoba bunuh diri pada Mei 2019.

Kesehatan para selebritas dalam industri hiburan Korea Selatan yang persaingannya ketat membuat para penggemar khawatir dan menyalahkan manajemen karena tidak memberi perhatian kepada artis mereka.

Sulli menangguhkan aktivitas dalam industri hburan pada 2014 karena menghadapi perundungan di media sosial.

Saat ini, Mina dari grup TWICE dan Yeonwoo dari Momoland juga sedang menghadapi masalah kecemasan.

Baca juga: Goo Hara unggah fotonya bersama Sulli

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019