Target inklusi keuangan diharapkan tercapai lewat gelaran FINEXPO 2019

Target inklusi keuangan diharapkan tercapai lewat gelaran FINEXPO 2019

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) Wimboh Santoso (kiri) meninjau pameran Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (23/9/2019). Konferensi dan Pameran bertema Inovasi untuk Inklusi keuangan tersebut melibatkan sekitar 100 pelaku industri 'fintech' dan berlangsung 23 -24 September 2019. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Target inklusi keuangan diharapkan bisa tercapai dengan terbantu oleh penyelenggaraan Financial Expo atau FINEXPO 2019 yang akan berlangsung selama empat hari mulai Kamis 17 Oktober sampai dengan Minggu 20 Oktober 2019.

"Kita sebenarnya memiliki target inklusi keuangan di mana pada akhir tahun ini kita harus mencapai target inklusi keuangan 75 persen. Jadi dengan adanya acara ini pun kami berharap target inklusi keuangan bisa tercapai di 75 persen," ujar Ketua Panitia FINEXPO dan Sundown Run 2019 Wani Sabu kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan bahwa gelaran FINEXPO juga akan menggaungkan perlindungan konsumen, mengingat konsumen membeli produk jasa keuangan tanpa memahami terlebih dahulu produk tersebut dan kemudian menyesal lalu pada akhirnya mengeluh di media sosial, karena konsumen tidak tahu harus mengadu ke mana dan kesalahan belum tentu berasal dari lembaga jasa keuangan yang menjualnya.

Baca juga: BI kampanyekan QRIS untuk percepat inklusi keuangan dan ekonomi

"Dalam Finexpo, para lembaga jasa keuangan yang menjadi peserta expo akan meluruskan hal-hal tersebut dengan menyampaikan tips-tips membeli produk jasa keuangan, kiat-kiat untuk melakukan investasi, menghindari investasi bodong dan sebagainya," katanya.

Financial Expo atau FINEXPO 2019 merupakan gelaran expo kedua, di mana FINEXPO pertama digelar pada tahun lalu di mal Epicentrum dan berhasil menarik total pengunjungan hingga 10 ribu orang yang terdiri dari 7.000 pengunjung expo dan 3.000 peserta Sundown Run.

"Tahun ini kami ingin mengulangi kesuksesan tersebut, karena dengan adanya expo dapat mendatangkan massa yang banyak, lebih mudah melakukan edukasi sehingga mengumpulkan orang lebih mudah jika kita menggelar expo," ujar Wani Sabu.

Baca juga: OJK lakukan inklusi keuangan hingga ke mahasiswa pascasarjana

Dengan mengusung tema “Gapai Puncak Inklusi, Perlindungan Makin Pasti”, FINEXPO tahun ini akan berlangsung di mal Kota Kasablanka dan perbedaannya dengan expo tahun lalu di mana FINEXPO 2019 akan mengizinkan para lembaga jasa keuangan yang menjadi peserta expo untuk melakukan penjualan dan penawaran produk selain melakukan edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat.

FINEXPO tahun ini juga mengundang sejumlah artis untuk meramaikan acara tersebut, seperti Kahitna, Ardito serta masih banyak lagi. Selain itu juga finexpo akan diisi oleh acara talkshow yang membahas topik-topik trending di kalangan millenial.

FINEXPO 2019 juga akan menghadirkan dua panggung yakni panggung utama dan mini stage, serta puncak acara Finexpo tahun ini akan berlangsung pada Sabtu 19 Oktober dan akan dihadiri oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution yang akan mencanangkan Hari Indonesia Menabung.

"Tujuan dari diadakannya financial expo, gelaran ini diinisiasi dari gagasan lembaga-lembaga jasa keuangan yakni perbankan, asuransi, multifinance, pasar modal, pegadaian, dan fintech bersama-sama serta juga didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia. Mengingat lita memiliki satu visi dan tujuan ingin meningkatkan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen.

Selain expo, FINEXPO 2019 juga dimeriahkan oleh acara Sun Down Run berupa acara lari sore hari dan dihadiri oleh sejumlah artis yang datang meramaikan FINEXPO 2019, seperti Kahitna, Ardito serta masih banyak lagi. Selain itu juga finexpo akan diisi oleh acara talkshow yang membahas topik-topik trending di kalangan millenial.

Rencananya Finexpo akan menjadi agenda rutin tahunan setiap bulan Oktober, mengingat OJK menetapkan bulan Oktober sebagai bulan inklusi keuangan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kejar target, OJK sasar masyarakat melalui fintech

Komentar