Najwa Shihab punya 10 fragmen DNA dari 10 moyang berbeda

Najwa Shihab punya 10 fragmen DNA dari 10 moyang berbeda

Najwa Shihab. (ANTARA/Chairul Rohman)

Jakarta (ANTARA) - Jurnalis Najwa Shihab memiliki 10 fragmen DNA yang berasal dari 10 moyang berbeda menurut hasil riset Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh majalah sejarah daring Historia.

Menurut hasil riset, Najwa memiliki fragmen DNA dari moyang yang berasal dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, diaspora Asia, diaspora Afrika, dan diaspora Eropa.

"Najwa punya gen Asia Selatan dari daerah India, Pakistan, Bangladesh paling besar. Kemudian dia punya gen Afrika Utara, dan ada Eropanya," kata ahli genetika dari Lembaga Eijkman Prof Herawati Sudoyo, yang terlibat dalam riset itu, di sela pameran "ASOI: Asal Usul Orang Indonesia" di Museum Nasional, Jakarta, Selasa.

Menurut hasil riset DNA, di dalam tubuh Najwa antara lain ada 48,54 persen gen dari Asia Selatan (India, Bangladesh,Tamil, Nepal) dan 26,81 persen gen dari Afrika Utara (Afrika Utara-Spanyol, Alegrian, Maroko, Berbes).

Selain itu, Najwa punya 6,06 persen gen dari Afrika (Mozambik); 4,19 persen gen Asia Timur (Tiongkok); 4,15 persen gen dari diaspora Afrika; 3,48 persen gen dari Timur Tengah (Arab); 2,20 persen gen dari Eropa Selatan (Portugis); 1,91 persen gen dari Eropa Utara (Dorset); 1,43 persen gen dari diaspora Asia (Asia-Amerika); dan 1,22 persen gen dari diaspora Eropa (Puerto Rico).

Hera mengatakan bahwa DNA bisa bercerita banyak tentang leluhur kita. DNA dapat memberikan data ilmiah soal komposisi ras, nenek moyang, hingga lini masa kehadiran ras.

Penelusuran DNA dalam proyek Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh Historia mencakup uji sampel liur dari langit-langit mulut, belakang lidah, dan pinggiran gusi. Sampel tersebut dikirim ke laboratorium EasyDNA di Australia untuk diperiksa dan hasilnya didapat setelah tiga minggu pengujian.

Najwa dalam artikel yang disiarkan majalah sejarah daring Historia mengatakan bahwa jika dilihat dari garis keturunan ayahnya, ulama Quraish Shihab, maka dia memiliki keturunan Arab secara langsung.

Kakek Najwa, Habib Abdurrahman Shihab, adalah putra seorang juru dakwah dan tokoh pendidikan kelahiran Hadramaut, Yaman, bernama Habib Ali bin Abdurrahman Shihab yang hijrah ke Batavia.

Tak hanya dari ayah, menurut Najwa, garis Arab juga ada pada ibunya.

 Namun setelah dilakukan penelusuran DNA, gen Arab di tubuh Najwa ternyata hanya 3,48 persen saja.

Baca juga:
Najwa Shihab ajak milenial kembalikan politik kepada maknanya
Najwa Shihab jatuh cinta dengan jurnalisme

 

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar