Ada Palapa Ring, Ombudsman Papua minta tak ada lagi blokir internet

Ada Palapa Ring, Ombudsman Papua minta tak ada lagi blokir internet

Peresmian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta pada Senin (14/10/2019). (Bayu Prasetyo)

Jadi harapan kami ketika ada persoalan di Papua, jangan ada lagi pemblokiran jaringan internet...
Jayapura (ANTARA) - Ombudsman Provinsi Papua yang merupakan lembaga yang mengawasi pelayanan publik mengapresiasi peluncuran jaringan backbone telekomunikasi atau lebih dikenal dengan Palapa Ring oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (14/10).

Palapa Ring merupakan jaringan serat optik untuk "menghidupkan" wilayah Indonesia, lebih khusus akan menjawab kesulitan telekomunikasi di pelosok Papua.

"Kami apresiasi peluncuran teknologi telekomunikasi Palapa Ring ini, karena untuk kepentingan layanan internet kepada publik, selain itu karena sekarang ketergantungan dengan informasi dan teknologi (IT)," kata Kepala Ombudsman Papua Oliv Sabar Iwanggin di Jayapura, Papua, Selasa.

Ia menilai Palapa Ring sangat baik untuk kepentingan warga mengingat kini banyak warga menggunakan layanan jaringan internet untuk mencari uang guna memenuhi kebutuhan keluarga mereka.

Selain itu, kata dia, perbankan dan pelayanan perkantoran juga sudah mulai menerapkan sistem dalam jaringan (daring) atau online.

"Jadi harapan kami ketika ada persoalan di Papua, jangan ada lagi pemblokiran jaringan internet, karena ini untuk kepentingan rakyat. Kalau mau blokir mendingan blok kontennya, jangan blok jaringan internetnya," ujar Sabar.

Baca juga: Jokowi tandatangani prasasti digital resmikan operasi Palapa Ring

Baca juga: Ketika kepala daerah "curhat" ke Jokowi saat peresmian Palapa Ring

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menjaga jalur Sistem Komunikasi Kabel Laut

Komentar