Timika (ANTARA) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengharapkan Presiden-Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo-KH Mar'uf Amin tetap memberikan perhatian penuh terhadap pembangunan masyarakat Papua agar rakyat di Bumi Cenderawasih itu merasa menjadi bagian tidak terpisahkan dari saudara-saudaranya di daerah lain.

"Tentu kami menaruh harapan besar kepada Bapak Jokowi dan Bapak KH Mar'uf Amin untuk tetap memperhatikan dan melanjutkan pembangunan Papua. Apapun tantangannya, Papua harus dibangun agar rakyat Papua lebih sejahtera dan merasa diperhatikan oleh Pusat," kata Eltinus yang dihubungi di Timika, Selasa.

Eltinus yang baru dilantik kembali menjadi Bupati Mimika periode 2019-2024 bersama Wakil Bupati Johannes Rettob pada 6 September 2019 itu mengatakan mendukung penuh kepemimpinan Presiden-Wapres Joko Widodo-KH Mar'uf Amin.

"Seluruh masyarakat Mimika dan masyarakat Papua mendukung penuh kepemimpinan Bapak Jokowi dan Bapak Mar'uf Amin yang akan dilantik pada 20 Oktober 2019. Dukungan itu sudah kami nyatakan saat Pilpres bulan April lalu, dimana pasangan Joko Widodo-Mar'uf Amin menang telak di Mimika, bahkan di seluruh Papua," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Eltinus mengajak warga Mimika agar menolak segala bentuk ajakan untuk menggelar aksi unjuk rasa anarkis, penyebarluasan berita bohong alias hoaks dan juga melawan radikalisme dan terorisme.

Sementara itu, Waka Polres Mimika Komisaris Polisi I Nyoman Punia mengatakan jajarannya meningkatkan pengamanan di seluruh wilayah Mimika menjelang pelantikan Presiden-Wapres RI terpilih melalui kegiatan patroli keliling, sweeping senjata tajam, dan penempatan anggota pada pos-pos yang telah ditentukan.

"Sesuai petunjuk dan arahan pimpinan untuk mengantisipasi kegiatan pelantikan Presiden-Wapres terpilih pada 20 Oktober 2019 maka seluruh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia diperintahkan untuk melakukan siaga satu sehingga secara otomatis kegiatan kepolisian kita tingkatkan," jelasnya.

Kompol Nyoman mengatakan peningkatan pengamanan menjelang pelantikan Presiden-Wapres terpilih di Mimika tidak saja dipusatkan di Kota Timika maupun di Distrik Tembagapura yang merupakan area pertambangan PT Freeport Indonesia, namun hingga ke pelosok-pelosok pedalaman.

"Tidak tertutup kemungkinan daerah-daerah yang selama ini aman-aman saja justru bisa bergejolak. Makanya kami tidak boleh lengah, namun selalu siap siaga untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan sosial yang bisa saja terjadi," katanya.

Baca juga: Kapolda: Waspadai pergerakan KKB ke wilayah Mimika

Baca juga: Mahasiswa EPT 2018 ingatkan medan berat untuk melistriki Mimika

Baca juga: Polisi sita alat tajam dan atribut KNPB

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019