Makassar (ANTARA) - Sebanyak 1.986 wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Makassar selama periode Agustus atau mengalami peningkatan sebesar 34,37 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya pada Juli 2019.

"Peningkatan jumlah wisatawan asing cukup bagus sekitar 34 persen lebih. Tentunya itu karena adanya momen-momen tertentu sehingga mengalami peningkatan," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Yos Rusdiansyah di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, 1.986 turis asing itu masuk melalui pintu pelabuhan maupun bandar udara (bandara).

Yos menyatakan, fluktuasi atau naik turunnya jumlah kunjungan banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya liburan, kegiatan maupun lainnya yang dapat mempengaruhi kunjungan ke Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Turis-turis asing itu selalu memperhatikan musim kalau ingin berwisata ke luar negeri," katanya.

Baca juga: Kunjungan wisman ke Sulsel naik 5,72 persen berkat musim liburan
Baca juga: Sultan Halal Festival Sulsel target wisman Malaysia-Singapura


Mereka memang mempersiapkan jauh-jauh hari. "Salah satu yang dipersiapkan itu berlibur di akhir tahun," katanya.

Berdasarkan data dari BPS, terdapat sepuluh negara yang menyumbang pelancong terbesar selama Agustus 2019, yakni pelancong dari Malaysia, Prancis, Singapura, Jerman, Belanda, Inggris, Jepang, China, Australia dan Amerika Serikat.

Turis yang banyak berkunjung dari Benua Asia, khususnya Asia Tenggara. "Kemudian menyusul dari benua Eropa dan Amerika," katanya.

Secara tahunan atau year on year (yoy) jumlah kunjungan wisman Agustus 2019 juga cukup baik dengan peningkatan sebesar 22,14 persen atau sebanyak 1.626 kunjungan pada Agustus 2018.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019