Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan turunnya permukaan tanah di Jakarta terjadi di kawasan nonpipanisasi.

Anies yang ditemui di Jakarta, Selasa, menanggapi temuan Kementerian ESDM soal air laut sudah masuk ke kawasan Monas karena turunnya permukaan tanah.

Anies menyebutkan bahwa pihaknya mengetahui hal tersebut dari hasil penelitian Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) soal turunnya tanah di Jakarta.

"Soal air laut, penurunan muka tanah. Beberapa waktu lalu, tim peneliti dari JICA mempresentasikan kepada kami, hasil pantauan penurunan permukaan tanah di Jakarta di beberapa titik," katanya.

Baca juga: Warga DKI diundang untuk konsultasikan pembuatan sumur resapan
Baca juga: Anies: penggunaan pompa air terkendali menjaga permukaan tanah Jakarta


"Perlu saya garis bawahi di sini. Titik-titik itu mengalami penurunan di tempat yang tidak melakukan pipanisasi air minum," kata Anies di Balai Kota Jakarta.

"Akan tetapi di tempat yang pipanisasi, maka penurunan permukaan tanahnya berhenti. Tapi di tempat yang belum ada pipa air minum, penurunan tanahnya berjalan terus," ujarnya.

Atas hasil temuan JICA tersebut, Anies menyatakan, pihaknya menarik kesimpulan bahwa sangat penting perluasan pipa air minum untuk mencegah penurunan permukaan tanah lebih jauh.

"Jelas sekali dari temuan itu," ujar Anies.

Perluasan jaringan pipa air minum tersebut dinilai lebih mudah dilakukan jika pengelolaan air minum dari swasta diambilalih pemerintah provinsi seperti yang pernah diungkapkan Anies.

Akan tetapi hingga saat ini, hal tersebut belum terealisasi karena masih dalam proses pembahasan antara PAM Jaya dengan Aetra dan Palyja selaku operator air bersih.

Baca juga: Penurun permukaan tanah Jakarta, Jonan minta kepedulian semua pihak
Baca juga: Permukaan tanah Jakarta Utara turun 11 cm per tahun


Pihaknya berkepentingan mempercepat persoalan tata kelola air agar bisa mencegah penurunan permukaan tanah sekaligus memastikan setiap warga mendapatkan air bersih untuk bisa diminum.

Sekarang proses pembicaraan serius dengan swasta ada Palyja dan Aetra. Dengan satu pihak berlangsung progresif, satu pihak mandek.

"Posisi mereka belum berubah, kami dalam proses pembicaraan dengan mereka, ini yang kami harap bisa dituntaskan," kata Anies.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Badan Geologinya menaruh perhatian besar terhadap kondisi lingkungan di Jakarta. Salah satu yang menjadi isu besar adalah kota metropolitan ini berpotensi tenggelam.

Menteri ESDM Ignasius Jonan menerangkan pihaknya melalui Badan Geologi sudah melakukan kajian terkait penurunan permukaan tanah. Tercatat hingga 2013 permukaan tanah di Jakarta sudah turun 40 meter dari asalnya, khususnya di Jakarta bagian utara.

Dampak yang sudah jelas terlihat adalah wilayah di pesisir Jakarta Utara. Air laut sudah masuk dan mengurangi batas wilayah di Jakarta Utara.

Masuknya air laut ke wilayah Jakarta sudah menimbulkan intrusi atau masuknya air laut ke pori-pori batuan yang mencemari air tanah.

Menurut catatan Badan Geologi, intrusi air laut sudah mencapai wilayah Monas bagian utara.

"Intrusi air lautnya sudah sampai Monas area utara. Kalau dibiarkan terus intrusi air lautnya makin parah, ekologi lingkungannya makin banyak terkena," kata Jonan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019