"Parasite" masuk nominasi Film Asia Terbaik Australia Academy AACTA

"Parasite" masuk nominasi Film Asia Terbaik Australia Academy AACTA

Sutradara Bong Joon-ho menyabet penghargaan Palme d'Or festival film Cannes 2019untuk film bergenre dark comedy, "Parasite". (Instagram.com/festivaldecannes)

Jakarta (ANTARA) - Pemenang Cannes Palme d'Or 2019, "Parasite" masuk ke dalam jajaran nominasi penghargaan Film Asia Terbaik dalam ajang film internasional, Australia Academy (AACTA) 2019.

Selain film karya Bong Joon-Ho itu, film animasi tiga dimensi asal China, "Ne Zha" juga merupakan satu dari sembilan film yang bersaing untuk penghargaan yang akan diumumkan pada Desember.

“Sangat menyenangkan melihat pembuatan film dengan standar kualitas yang sangat tinggi dari para nomine untuk Penghargaan Film Asia Terbaik,” kata CEO AACTA Damian Trewhella, dilansir The Hollywood Reporter, Rabu.

“Ada minat yang tumbuh cepat untuk film Asia, baik di Australia maupun di luar negeri. Sungguh luar biasa melihat betapa responsifnya penonton Australia terhadap film-film yang dibuat oleh industri film Asia kita, yang terus menginspirasi kita dalam pekerjaan kita sendiri," lanjutnya.

Nomine yang akan bersaing merebut piala ini adalah tiga film masing-masing dari India dan Cina, dan masing-masing satu dari Filipina, Jepang dan Korea Selatan.

Film "Gully Boy" karya Zoya Akhtar yang juga merupakan wakil India untuk film fitur internasional terbaik Oscar 2020 menjadi nomine untuk AACTA 2019.

Wakil kedua China setelah "Ne Zha", yaitu "Shadow" karya Zhang Yimou's juga berhasil masuk ke dalam nominasi.

Lalu, film drama-komedi "Hello Love, Goodbye" dari sutradara perempuan asal Filipina, Cathy Garcia-Molina serta fitur debut Makoto Nagahisa, "We Are Little Zombies" dari Jepang, yang meraih penghargaan di Sundance dan Berlin Film Festivals tahun ini juga menjadi wakil negara masing-masing.

Pemenang penghargaan Film Asia Terbaik akan diumumkan di Sydney sebagai bagian dari Upacara Penghargaan AACTA 2019 pada 4 Desember.


Baca juga: Sutradara "Parasite" dianugerahi teater atas namanya di Texas

Baca juga: Film "Parasite" wakili Korea Selatan di ajang Oscar

Baca juga: Film Korea Selatan "Parasite" raih Palme d'Or Cannes 2019

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Oscar Motuloh penerima gelar Empu Ageng pertama di bidang fotografi

Komentar