Taman Kota di Jakarta kini jadi tempat kesetaraan masyarakat

Taman Kota di Jakarta kini jadi tempat kesetaraan masyarakat

Sejumlah warga bermain 'skate board' di 'Skate Park' Taman Spot Budaya, Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (19/9/2019). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Taman Maju Bersama merupakan dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang telah ada
Jakarta (ANTARA) - Selama dua tahun memimpin Jakarta, Gubernur Anies Baswedan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membangun 37 taman kota bernama Taman Maju Bersama dengan konsep ruang ketiga sebagai tempat kesetaraan masyarakat.

"Taman Maju Bersama merupakan dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang telah ada. Pembangunan masing-masing Taman Maju Bersama disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar," kata Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitswati seperti yang diterima Antara dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Menurut Suzi, Taman Maju Bersama dibangun dengan fungsi utama menambah Ruang Terbuka Hijau sebagai tempat berinteraksi yang nyaman bagi warga Jakarta.

Baca juga: Taman Suropati, alternatif bermusik di tengah Kota Jakarta

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2018-2022, RTH dan seluruh pembangunan taman di Jakarta harus dapat diakses oleh warga dengan jarak kurang lebih 300 meter dengan berjalan kaki serta dapat menjadi tempat pertemuan masyarakat tanpa perbedaan kelas sosial.

Contoh Taman Maju Bersama yang telah diresmikan oleh Gubernur Anies Baswedan adalah Taman Dukuh Atas Jakarta Pusat dan Taman Kembang Kerep Jakarta Barat.

Berdasarkan pantauan Antara, Taman Dukuh Atas Jakarta Pusat cukup ramai digunakan masyarakat khususnya pencinta olahraga 'skateboard' untuk berlatih dan berinteraksi dengan sesama di malam hari.

Baca juga: Hujan deras tak surutkan warga ke Kota Tua

Konsep taman maju bersama menjadi ruang kesetaraan terimplementasikan secara utuh di Taman Dukuh Atas itu.

Meski demikian, masih ada pekerjaan rumah bagi Pemprov DKI Jakarta untuk mengejar pembangunan 224 dari 261 taman kota yang menjadi target dalam kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, cukup optimis menyelesaikan 53 taman kota pada tahun ini dengan total anggaran Rp130 miliar dan total luas 335.807 meter persegi.

Baca juga: Taman Renungan Bung Karno di Ende bakal direnovasi, ini alasannya

Beberapa taman kota yang saat ini hampir rampung pengerjaannya adalah RTH Kampung Jati, Jakarta Timur, RTH Taman Kampung Baru, Jakarta Barat, RTH Jalan Centex, Jakarta Timur,  RTH Mangga XIV, Jakarta Barat, RTH Jalan Panglima Polim II, Jakarta Selatan, RTH Jalan Setapak, Jakarta Timur dan RTH Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Instalasi gabion gantikan bambu Getah Getih di Bundaran HI

Komentar