Empat kegiatan pariwisata Babel lolos "CoE Wonderful Indonesia"

Empat kegiatan pariwisata Babel lolos "CoE Wonderful Indonesia"

Menteri Pariwisata, Arief Yahya melaunching Calender of Event Wonderful Indonesia 2020 di ruang Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa malam. (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Kita sudah memenuhi 10 kegiatan yang diminta Kemenpar
Pangkalpinang (ANTARA) - Empat dari 10 kegiatan atraksi pariwisata diusulkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Kementerian Pariwisata masuk dalam Calender Of Event Wonderful Indonesia 2020, sehingga lebih meningkatkan promosi dan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Empat atraksi lolos dalam CoE atau Calender of Event Wonderful Indonesia tahun depan yaitu Toboali City On Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan Jelajah Pesona Jalur Rempah," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Babel, Rivai di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan empat event pariwisata Bangka Belitung yang lolos merupakan bagian dari sepuluh atraksi yang diminta oleh Kemenpar. Kesepuluh kegiatan tersebut adalah Toboali City On Fire, Festival Tanjung Kelayang, Bangka Culture Wave.

Baca juga: Presiden: perkuat pariwisata di Bangka Belitung

Selanjutnya, Sungailiat Triathlon, Jelajah Pesona Jalur Rempah, Festival Jiran Nusantara, Ngembarik de Belitong Timor, Festival Karang Lintang, Pesona Belitung Beach Festival dan Belitung Creative Week.

"Kita sudah memenuhi 10 kegiatan yang diminta Kemenpar, namun hanya empat dari 100 atraksi se-Indonesia lolos dalam ajang Calender Of Event Wonderful Indonesia 2020," ujarnya.

Menurut dia khusus dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari tahun ke tahun mengalami penambahan. Pada 2018 ada dua kegiatan yang masuk dalam daftar CoE Wonderful Indonesia yakni Festival Tanjung Kelayang dan Bangka Culture Wave dan 2019 bertambah satu yakni Toboali City On Fire.

"Alhamdulilah tahun depan bertambah lagi satu yakni menjadi empat event, yaitu Toboali City On Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan Jelajah Pesona Jalur Rempah," katanya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan bahwa CoE Wonderful Indonesia 2020 merupakan salah satu program strategis Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan daya tarik wisata di Indonesia.

“Calender Of Event Wonderful Indonesia diharapkan mampu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (winus) ke Tanah Air. Melalui media ini,wisman maupun wisnus dapat mengetahui jadwal event wisata maupun budaya sepanjang tahun 2020 mendatang," ujar Menpar saat memberi sambutannya pada acara Launching Calender of Event Wonderful Indonesia 2020 Selasa malam (15/19) di Jakarta.

Menurut dia esuai arahan Presiden, Joko Widodo penyelenggaraan event-event di Indonesia diharapkan memiliki standar nasional dan internasional yang meliputi tiga aspek yakni koreografi, penataan musik maupun kostum dan busana.

"Kegiatan yang diusulkan oleh 34 provinsi kemudian dikurasi oleh Tim Kurator Kemenpar RI yang kemudian ditetapkan sebagai 100 CoE Wonderful Indonesia 2020. Nantinya Kemenpar akan melakukan pendampingan terhadap 100 event yang masuk dalam CoE 2020," katanya. 

Baca juga: Pemprov Babel dorong penerapan manajemen pariwisata dalam kelola DTW
Baca juga: Babel siap gelar 127 event pariwisata

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar