Kemendagri gelar rapat koordinasi simpul strategis pembumian Pancasila

Kemendagri gelar rapat koordinasi simpul strategis pembumian Pancasila

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (tengah) bersama Pelaksana tugas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Profesor Hariyono (ketiga kiri) dan Pelaksana tugas Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar (ketiga kanan) melakukan "salam Pancasila" di Jakarta, Rabu (16/10/2019). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 'Simpul Strategis Pembumian Pancasila' di Merlyn Park Hotel Jakarta, Rabu.

Pelaksana tugas Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar dalam sambutannya mengatakan, Rakornas digelar sebagai tindak lanjut dari kegiatan nota kesepahaman (MoU) antara Kemendagri dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Penyelenggaraan Rakornas ini merupakan tindak lanjut dan merupakan arahan langsung dari Bapak Menteri Dalam Negeri untuk mendukung implementasi pelaksanaan MoU antara Kemendagri dan BPIP pada tanggal 20 Mei 2019 tentang Pelaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila,” kata Bahtiar.

Baca juga: Mahasiswa STAI Latansa Mashiro perkuat Pancasila cegah radikalisme

Baca juga: MPR: Pemerintah intensifkan langkah merawat kebhinekaan

Baca juga: DPD RI perjuangkan pelestarian kearifan lokal


Menurutnya, Rakornas dengan tema “Simpul Strategis Pembumian Pancasila” itu juga merupakan momentum untuk penguatan simpul Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di seluruh Indonesia untuk mengaktualisasikan lagi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Momentum Rakornas ini sebagai penguatan simpul seluruh jajaran Kesbangpol di seluruh tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota untuk secara terus-menerus dan bersama dengan BPIP menggelorakan dan mereaktualisasi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka tidaklah berlebihan rasanya jika Rakornas kita saat ini bertemakan “Simpul Strategis Pembumian Pancasila,” ujar Bahtiar.

Ia menambahkan, Badan Kesbangpol adalah agen utama dalam pembumian Pancasila dan akan menjadi motor penggerak dan penjuru pembumian Pancasila oleh Kemendagri yang bertindak sebagai simpulnya di seluruh daerah di tanah air.

“Kemendagri bertindak sebagai simpul strategis atau poros pemerintahan dalam negeri mengembangkan dan melibatkan banyak unsur masyarakat dan bekerjasama dengan unit-unit Pemerintahan lainnya termasuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” kata dia.

Acara yang diikuti oleh seluruh perwakilan jajaran Kesbangpol di Indonesia, baik provinsi maupun kabupaten/kota ini juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Hariyono, M.Pd, perwakilan Mendikbud, Perwakilan dari BNPT dan Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemendagri investigasi desa fiktif di Konawe

Komentar