Pangeran William & Kate lihat dampak perubahan iklim di Pakistan

Pangeran William & Kate lihat dampak perubahan iklim di Pakistan

Pangeran Inggris William dan Kate Middelton melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan di Islamabad, Pakistan (15/10/2019). ANTARA/REUTERS-Pool/Andrew Parsons/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pangeran William dan istrinya Kate Middleton, Rabu (16/10), mengunjungi gletser yang mencair di pegunungan Hindu Kush, tidak jauh dari perbatasan Pakistan dengan Afghanistan, menyaksikan secara langsung dampak perubahan iklim yang ingin digarisbawahi dalam perjalanan mereka.

Mereka terbang dengan helikopter ke ujung utara gletser Chiatibo, di mana seorang ahli perubahan iklim menjelaskan bagaimana itu mencair.

Dilansir Reuters, gletser itu adalah salah satu dari sekitar 7.000 dari 7.200 gletser Pakistan yang menurut para pejabat meteorologi menunjukkan tanda-tanda mencair, mengutip data yang dikumpulkan selama 50 tahun terakhir.

Sebelumnya, Duke dan Duchess of Cambridge telah berhenti di bandara di Chitral dan diberi topi gunung berbulu tradisional, mirip dengan yang dianugerahkan kepada ibu William, Putri Diana selama kunjungannya ke daerah itu pada tahun 1991. Mereka juga mendapat album foto Diana saat berkunjung ke Pakistan.

Agenda penting bagi pangeran William kali ini adalah kunjungan ke gletser dan tantangan perubahan iklim, tema utama perjalanan lima hari mereka, seperti diungkapkan dalam pidato malam sebelumnya di resepsi yang diselenggarakan oleh Komisi Tinggi Inggris di monumen nasional Pakistan di Islamabad.

Gletser utara Pakistan dan gletser di seluruh wilayah Hindu Kush dan Himalaya, adalah cadangan air yang penting bagi 250 juta orang, dan 1,6 miliar orang lainnya bergantung pada sungai-sungai yang berasal dari pegunungan, sehingga banyak masyarakat berada dalam risiko ketika suhu global naik.

"Ini (perubahan iklim) bisa menyebabkan hilangnya lebih dari sepertiga dari gletser penting dalam waktu kurang dari satu abad, dengan dampak besar tidak hanya pada ketersediaan air, tetapi pada pertanian dan pembangkit tenaga air," kata William dalam pidatonya.

Dia berharap kunjungan hari Rabu ke Chitral akan membantu pasangan kerajaan Inggris itu lebih memahami tantangan yang dihadapi warga secara langsung.

“Saya ingin belajar apa lagi yang bisa kita semua lakukan untuk membantu mencegah dan mengurangi bencana global yang akan datang ini.”

Kate dan William kemudian mengamati kerusakan gletser serta latihan tanggap darurat di sebuah desa di Chitral yang dilanda banjir akibat gletser mencair.

Mereka juga datang pemukiman orang-orang Kalash, sebuah kelompok kecil penduduk asli yang tinggal di wilayah Chitral di mana mereka bertemu dengan anak-anak muda dan mengenakan syal dan hiasan kepala lokal yang berwarna-warni sembari disuguhi nyanyian dan tarian.

Baca juga: Pangeran Williams dan Kate Middleton saksikan final Wimbledon
Baca juga: Kate Middleton ingin punya anak keempat
Baca juga: Gaya berbusana Kate Middleton paling menginspirasi di eBay

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Generasi muda aksi damai sikapi perubahan iklim

Komentar