Gubernur Babel ungkap kendala bangun tiga pelabuhan

Gubernur Babel ungkap kendala bangun tiga pelabuhan

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan (kanan) menemui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (16/10/2019) membahas pembangunan tiga pelabuhan di Babel (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pelabuhan Tanjung Ular akan membuka aksesibilitas dan konektivitas Bangka Belitung ke Pulau Sumatera dan Pulau Jawa
Pangkalpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan percepatan penyelesaian dokumen pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular, Dendang dan Manggar terkendala Peraturan Daerah RZWP3K masih belum disahkan oleh DPRD provinsi itu.

"Tahapan dokumen pembangunan pelabuhan Tanjung Ular di Bangka Barat sudah hampir tuntas, hanya tinggal sedikit perbaikan dokumen SID dan dokumen izin lingkungan yang belum bisa diselesaikan, karena masih menunggu pengesahan Perda RZWP3K," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular di Kabupaten Bangka Barat, Manggar Belitung dan Pelabuhan Dendang Belitung Timur, sebagai upaya pemerintah provinsi dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat di tiga kabupaten tersebut.

"Kita sudah menemui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, agar pemerintah pusat dapat mengakomodir anggaran pembangunan tiga pelabuhan melalui APBN 2020," ujarnya.

Menurut dia apabila Pelabuhan Tanjung Ular yang berbatasan dengan Pulau Sumatera itu, bisa segera dibangun, maka dampak perekonomiannya akan sangat besar bagi masyarakat Bangka Belitung pada umumnya dan masyarakat Bangka Barat pada khususnya.

"Pelabuhan Tanjung Ular akan membuka aksesibilitas dan konektivitas Bangka Belitung ke Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Demikian juga, Pelabuhan Dendang dan Manggar, juga akan menimbulkan multiplier effect yang besar bagi masyarakat Pulau Belitung," katanya.

Menteri Perhubungan merespons positif permintaan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman untuk mengakomodir usulan pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular dan pembangunan Pelabuhan di Belitung Timur.

Dalam waktu bersamaan, Menteri Perhubungan Budi Karya, meminta jajarannya membantu Pemerintah Daerah untuk percepatan penyelesaian dokumen yang masih diperlukan. Bila perlu, kata Menteri Perhubungan, dikonsinyir saja, supaya cepat," katanya. 


Baca juga: Gubernur Babel sebut Indonesia penghasil lada terbesar dunia
Baca juga: Gubernur Babel lepas ratusan indukan kepiting bakau
Baca juga: Gubernur Babel menginginkan sedekah kampung ikon pariwisata Desa Kundi

Pewarta: Aprionis
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Hambat pertumbuhan ekonomi, DPR minta Pemprov Babel bongkar jembatan emas

Komentar