Balap Sepeda

Ayustina dapat modal berharga sebelum ke SEA Games 2019

Ayustina dapat modal berharga sebelum ke SEA Games 2019

Pebalap putri Indonesia Ayustina Delia Priatna (kedua dari kanan) naik podium ketiga Women Tour of Nanxijiang di China, Kamis (17/10/2019). ANTARA/HO/PB ISSI

Semoga hasil ini bisa memacu semangat untuk lebih baik lagi pada SEA Games nanti
Jakarta (ANTARA) - Pebalap putri Indonesia Ayustina Delia Priatna mendapatkan modal berharga sebelum turun di SEA Games 2019 Filipina setelah meraih hasil positif pada balapan bergengsi Women Tour of Nanxijiang di China, Kamis.

Satu-satunya pebalap road race Indonesia yang bakal diberangkatkan ke Filipina itu mampu berada di posisi tiga klasemen umum di bawah dua pebalap tuan rumah China, Sun Jiajun dan Li Jiujin dengan catatan waktu sama yaitu tiga jam 50 menit 21 detik.

Pada balapan level 2.1 UCI ini, Ayu (sapaan Ayustina) memperkuat tim WCC-Korea Cycling Team. Balapan sendiri juga diikuti pebalap dari Asia Tenggara yang bakal menjadi rival di SEA Games 2019.

Baca juga: Ayustina pimpin timnas di Tour of Trat di Thailand

"Hasil yang cukup bagus bagi Ayu. Semoga hasil ini bisa memacu semangat untuk lebih baik lagi pada SEA Games nanti," kata Kepada Bidang Peningkatan Prestasi PB ISSI Budi Saputra saat dikonfirmasi dari Jakarta.

Selain berada di posisi klasemen umum, Ayu juga menjadi pebalap muda Asia terbaik. Bahkan pada Intermediate Sprint 2 balapan Women Tour of Nanxijiang mampu berada di posisi 2.
 
Pebalap Indonesia Ayustina Delia Priatna (kostum merah tengah) adu sprint menjelang finis etape dua Tour of Trat 2019 di Thailand, Sabtu (25/5/2019). Paba balapan tersebut Ayustina sukses menjadi pebalap ASEAN ketiga terbaik. ANTARA/PB ISSI/pri. (PB ISSI)


Baca juga: Pebalap Ayustina tak menyangka bisa masuk final

Tidak hanya Ayu. Di sektor putra pebalap road race Indonesia Aiman Cahyadi juga menorehkan hasil cukup gemilang pada kejuaraan Tour of Peninsular Malaysia. Hingga etape ketiga, pebalap dari PGN Road Cycling Team ini memegang kaos merah yang merupakan predikat raja tanjakan.

Tour of Peninsular 2019 sendiri menempuh total jarak 751 km yang terbagi atas lima etape. Hingga etape tiga, pemuncak klasemen umum dipegang oleh pebalap tuan rumah dari tim Trengganu Cycling Team Nur Amirul Fakhruddin Marzuki dengan 11 jam 18 menit 9 detik.

Sementara itu, Indonesia pada SEA Games 2019 mengirimkan 19 atlet balap sepeda yang akan turun di beberapa disiplin yaitu road race, BMX dan MTB (XC dan Downhill). Pada kejuaraan dua tahunan di Filipian itu tidak mempertandingkan disiplin trek.

Meski demikian, kontingen balap sepeda Indonesia akan berusaha tetap maksimal. Apalagi PB ISSI menargetkan dua medali emas.

Baca juga: Penetapan nama tuntas, balap sepeda incar dua emas di SEA Games

Berikut nama pebalap yang bakal dikirim ke SEA Games 2019 :

Nomor putra

BMX Track
1. I Gusti Bagus Saputra
2. Rio Akbar

BMX Time Trial
1. Rio Akbar
2. Toni Syarufudin

BMX Freestyle Flatland
1. Iyan Sopian
2. Januar Susanto

MTB (Cross Country)
1. Zaenal Fanani
2. Rafika Farisi

MTB (Downhill)
1. Andy Prayoga
2. Popo Ariyo Sejati

Road (ITT)
1. Aiman Cahyadi
2. Odie Setiawan

Road (TTT)
1. Muhammad Abdurrohman
2. Odie Setiawan
3. Robin Manullang
4. Jamalidin Novardianto

Road race (individu/tim)
1. Aiman Cahyadi
2. Muhammad Abdurrohman
3. Robin Manullang
4. Jamal Hibatulloh
5. Sendy Nur Hasan

Nomor putri :

MTB (Downhill)
1. Tiara Andini Prastika
2. Ayu Triya Andriana

Road (ITT)
1. Ayustina Delia Priatna

Road race (individu)
1. Ayustina Delia Priatna.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menpora targetkan 45 medali emas pada SEA Games 2019

Komentar