Surabaya (ANTARA) - Pelatih Tim Nasional China U-19 Yaodong Cheng menyebut kelelahan menjadi faktor utama timnya kalah 1-3 dari Tim Nasional Indonesia U-19 dalam pertandingan uji coba di Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis malam.

"Persiapan kami sangat singkat dan pemain banyak yang kecapekan karena sebelumnya menjalani banyak uji coba. Di sini pun kami menjalaninya dua kali," ujar Yaodong Cheng usai pertandingan.

Tiga gol Indonesia diciptakan Amiruddin Bagus Kahfi menit ke-14, Muhammad Fajar Fathur Rahman menit ke-25 dan Alfeandra Dewangga Santosa menit ke-35, sedangkan satu gol China U-19 dicetak Qianglong Tao menit ke-64.

Cheng mengakui permainan Indonesia U-19 malam ini lebih baik dibanding permainan yang diperagakan anak asuhnya.

Menurut dia, anak asuhnya tidak mampu mengimbangi permainan cepat yang ditunjukkan tim Garuda Nusantara.

"Indonesia bermain sangat bagus, terutama di babak pertama sehingga kami tidak bisa mengimbangi permainan cepat Indonesia. Kami mencoba menyerang tapi kesulitan. Di babak kedua kami berusaha menyerang, dan kami dapat satu gol. Indonesia bermain lebih baik," ucapnya.
Baca juga: Tundukkan China 3-1, Fakhri Husaini puji gol-gol anak asuhnya

Cheng juga memuji tim Indonesia yang menurutnya mempunyai pemain muda berkualitas.

"Indonesia memiliki pemain muda yang bagus, kami akan berbenah. Semoga di pertandingan kedua kami bisa lebih baik lagi. Ini pemain utama yang kami bawa dalam laga persahabatan melawan Indonesia," katanya.

Dia memandang pertandingan persahabatan Indonesia U-19 menjadi modal penting untuk menjalani kualifikasi AFC Cup U-19 tahun 2020.

Pada babak kualifikasi yang akan dilangsungkan di Myanmar pada 6-10 November 2019, Timnas China U-19 tergabung di Group I bersama Singapura, Myanmar, dan Korea Selatan.

Baca juga: China anggap uji coba lawan Timnas Indonesia U-19 penting

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019