Wakil Ketua DPD berharap pelantikan presiden lancar

Wakil Ketua DPD berharap pelantikan presiden lancar

Pedagang bingkai di Jalan Raya Pasar Minggu memperlihatkan bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Kamis (18/10/2019). ANTARA FOTO/Laily Rahmawaty

Karena itu, pelantikan nanti diharapkan berlangsung lancar
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono berharap pelantikan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden berlangsung lancar sehingga tak mencoreng citra Indonesia di mata dunia.

Nono mengatakan pelantikan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih akan dihadiri kepala negara atau perwakilan negara sahabat. Media internasional juga pasti akan memberitakannya.

"Karena itu, pelantikan nanti diharapkan berlangsung lancar," ujar Nono Sampono di Jakarta, Jumat.

Baca juga: HMI kawal pelantikan presiden agar berjalan lancar

Senator asal Maluku ini meminta doa dan mengimbau kepada masyarakat agar berpartisipasi menyukseskan acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih sehingga dapat berjalan dengan khidmat dan lancar.

Menurut Nono kehadiran pemimpin atau perwakilan negara lain pada pelantikan presiden dan wakil presiden menunjukkan posisi Indonesia sangat strategis di mata dunia.

Selain itu, kesediaan tokoh bangsa untuk hadir, antara lain Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, mantan calon presiden Prabowo Subianto dan mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno, juga membuktikan bangsa ini semakin solid.

Baca juga: Warga Lingga deklarasi menolak aksi anarkis pelantikan Jokowi-Ma'ruf

"Momentum ini menjadi penambah vitamin dan energi bagi Jokowi dalam menjalankan periode kepemimpinannya yang kedua," ujar Nono.

Disinggung soal menteri, Nono Sampono menegaskan, itu hak prerogatif president. Ia yakin Jokowi pasti sudah mempertimbangankan secara matang calon menterinya, misalnya, soal integritas, kompetensi, serta proporsionalitas (politisi dan profesional).

“Presiden Jokowi juga perlu mempertimbangkan sosok menteri untuk mewakili daerah, khususnya dari kawasan timur yang memang butuh sentuhan lebih," tutur Nono.

Baca juga: Ribuan jamaah istighatsah kubro doakan Jokowi-Ma'ruf sukses bertugas

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden akan lantik Dewas KPK pada Desember

Komentar