Pasar saham Australia berakhir turun dengan kerugian meluas

Pasar saham Australia berakhir turun dengan kerugian meluas

Ilustrasi - Bendera nasional Australia dengan tampilan besar harga pasar harian, pasar saham Australia, ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir lebih rendah pada perdagangan Jumat, dengan semua sektor cenderung lebih rendah, mengakhiri apa yang sebagian besar merupakan keuntungan selama seminggu.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 35 poin atau 0,52 persen menjadi 6.649,70 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas berkurang 33,10 poin atau 0,49 persen pada 6.758,40 poin.

"Penjualan mengambil alih sesi dalam pembukaan perdagangan pada Jumat, meskipun saham AS semalam mencetak keuntungan moderat," kata analis pasar Commsec,Tom Piotrowski.

Baca juga: Pasar saham Australia dibuka turun, meski ada berita positif Brexit

Sektor kebutuhan pokok konsumen memimpin kerugian dengan energi dan industri juga turun tajam. Sektor teknologi, utilitas dan keuangan juga menekan indeks yang lebih luas.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melemah dengan Commonwealth Bank turun 0,59 persen, ANZ turun 0,68 persen, National Australia Bank turun 0,35 persen dan Westpac Bank turun 0,83 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dengan BHP turun 0,20 persen, Rio Tinto naik 0,75 persen, Fortescue Metals naik 1,59 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,06 persen.

Baca juga: Saham TI dan pertambangan seret pasar Australia lebih rendah

Perusahaan-perusahaan minyak dan gas juga bervariasi dengan Oil Search naik 0,14 persen, Santos turun 0,64 persen, dan Woodside Petroleum turun 0,59 persen.

Supermarket terbesar Australia merosot dengan Coles turun 1,64 persen, dan Woolworths turun 1,16 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,28 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas kehilangan ketinggian 0,76 persen dan perusahaan biomedis CSL melemah 0,64 persen.

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar