Jakarta (ANTARA) - Tim nasional panahan Indonesia menurunkan target perolehan medali dari lima menjadi dua emas pada ajang multieven SEA Games Manila, Filipina yang berlangsung 30 November hingga 11 Desember 2019.

“Jadi kemarin target kita lima (medali emas). Tapi karena beberapa hal, semua target sudah disesuaikan oleh KOI targetnya jadi dua emas,” ungkap manajer timnas panahan Taufan Tri Anggoro saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) Riza Barnadi sebelumnya menyatakan optimistis dapat meraih tiga medali emas pada pesta olahraga Asia Tenggara itu. Namun, ia berharap bisa melebihi target hingga lima emas.

Baca juga: Panahan bidik satu tiket Olimpiade dari nomor beregu

"Kita target optimistis tiga, tapi ngejar lima (medali emas) lah," ujar Riza pada September lalu.

Namun, dengan beberapa pertimbangan, hasil latihan, dan hitung-hitungan bersama KOI, Taufan mengatakan target untuk bisa merebut emas turun menjadi dua.

Dari target yang ditetapkan, timnas panahan Indonesia optimistis dapat memperoleh emas di nomor compound putra dan recurve campuran yang masing-masing diperkuat oleh Prima Wisnu Wardhana, serta Riau Ega Agatha Salsabila dan Diananda Choirunisa.

“Peluangnya sebenarnya banyak, tapi sampai saat ini yang stabil itu di nomor compound putra, yaitu Prima dan nomor mixed recurve Riau Ega dan Diananda,” ujar Taufan.

Baca juga: Perpani optimistis raih tiga emas di SEA Games

Taufan mengatakan para atlet tidak akan melakukan laga uji coba lagi karena waktu persiapan yang sudah mepet menjelang SEA Games digelar. Dengan demikian, para pemanah hanya akan digembleng di Stadion Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta. Sebanyak 16 atlet panahan Indonesia yang terdiri dari 8 putra dan 8 putri, akan diturunkan pada 10 nomor pertandingan yang terbagi menjadi dua disiplin, yaitu recurve (5 nomor) dan compound (5 nomor).

Panahan merupakan salah satu cabang olahraga yang kerap menyumbang medali saat mengikuti ajang multicabang. Di level Asia Tenggara, para pemanah Indonesia tidak pernah absen mempersembahkan medali emas.

Baca juga: Riau Ega-Diananda targetkan tiket Olimpiade di Kejuaraan Dunia

Pada SEA Games 2017, para pemanah Indonesia aktif menyumbang medali. Pada kategori recurve, Diananda Choirunisa mempersembahkan medali emas untuk nomor recurve perorangan putri, dan satu medali emas lainnya disumbangkan Riau Ega Agatha serta Diananda Choirunisa pada nomor recurve campuran.

Medali perak juga disumbangkan oleh trio Diananda Choirunisa, Linda Lestari, dan Titik Kusumawardani pada nomor recurve beregu.

Untuk kategori compound di SEA Games 2017, dua pemanah berhasil meraih medali emas. Prima Wisnu Wardhana pada nomor compound perorangan putra, dan Sri Ranti untuk nomor compound perorangan putri.

Satu medali perunggu disumbangkan oleh tim yang dihuni Dellie Threesyadinda, Triya Resky Adriya, dan Rona Siska Sari pada kategori compound beregu putri.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019