Pertama di Indonesia, Lampung miliki aplikasi produk UMKM Dekranasda

Pertama di Indonesia, Lampung miliki aplikasi produk UMKM Dekranasda

Ketua Dekranasda Lampung melihat kerajina kain tapis di Gedung Galeri Tapis Negeri Katon di Pesawaran, Lampung,  Jumat, (18/10/2019) (Antara Lampung/HO)

Pesawaran (ANTARA) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal meluncurkan aplikasi smartphone atau telepon pintar produk UMKM Dekranasda yang merupakan pertama di Indonesia.

"Aplikasi smartphone Dekranasda, Kabupaten Pesawaran merupakan pertama di Indonesia. Aplikasi ini hasil kerja sama dengan Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya (IBI Darmajaya) yang dapat diunggah melalui Play Store di smartphone sehingga dapat diakses dimana pun dan kapan pun," kata Riana, usai meresmikan Gedung Galeri Tapis Negeri Katon di Pesawaran, Lampung, Jumat.

Menurut dia, aplikasi ini, masyarakat bisa memilih produk yang diinginkan mulai dari kain tapis hingga produk olahan makanan. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur untuk transaksi jual beli dan proses pengirimannya.


Baca juga: Dekranasda Jatim buka pasar Eropa melalui kolaborasi

"Aplikasi ini sangat bagus, kita bisa beli tapis Lampung dan khas Lampung lainnya dimanapun kita berada. Dan dengan adanya galeri ini diharapkan dapat menampung semua jenis kain tapis dan kerajinan khas daerah lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan bahwa Gedung Galeri Tapis Negeri Katon mendorong dan menumbuhkan para pengrajin tapis dan Industri Iainnya yang ada di Kabupaten Pesawaran untuk terus berkarya dan menciptakan produk-produk yang inovatif.

"Dengan diresmikannya Galeri Tapis ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pengrajin tapis dan industri Iainnya untuk membantu mengenalkan produk-produk yang dihasilkan," ujar Nanda.

Nanda menjelaskan Galeri Tapis Kecamatan Negeri Katon memiliki lokasi yang cukup strategis, karena sebagai akses jalur yang dekat dengan Bandara Radin Inten II.

"Selain itu, Desa Negeri Katon merupakan salah satu Kampung Tapis yang ada di Kabupaten Pesawaran. Terdapat banyak pengrajin tapis yang ada di Kecamatan Negeri Katon yaitu sebanyak 273 orang," katanya.

Baca juga: 50 produk Sulsel ditargetkan miliki hak paten
Baca juga: Kemendes PDTT gandeng "marketplace" pasarkan produk UMKM


Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan galeri kerajinan kain tapis ini diharapkan menjadi wadah sekaligus sebagai sarana masyarakat maupun pengrajin untuk lebih mengenal kain tapis Kabupaten Pesawaran.

"Sehingga ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan mencintai produk kerajinan lokal sehingga mampu bersaing dengan produk kerajinan nasional lainnya," ujarnya.

Kesuma mengajak untuk bersama-sama berkomitmen mendukung dan membantu industri kecil di Kabupaten Pesawaran agar dapat berkembang menjadi lebih maju dan terus berkarya untuk dapat mempertahankan warisan budaya.

"Agar kesejahteraan di Kabupaten Pesawaran terus meningkat," tambahnya.

Baca juga: Dekranasda dorong peningkatan mutu dan perluasan pemasaran kerajinan
Baca juga: Dekranasda DKI ajak anak muda bergabung berbisnis suvenir

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar