"Content creator" pamerkan "Ruang Ketiga Jakarta"

"Content creator" pamerkan "Ruang Ketiga Jakarta"

Foto bertema "Fruang Ketiga di Jakarta" siap dipameran pada pameran fotografi di Blok G Lantai Dasar Balai Kota DKI Jakarta pada 19-20 Oktober 2019. (ANTARA/HO/JCCC)

Jakarta (ANTARA) - Puluhan fotografer dan content creator dari berbagai komunitas di Jakarta siap memamerkan ratusan karya bertema "Ruang Ketiga Jakarta" dalam pameran fotografi di Blok G Lantai Dasar Balai Kota DKI Jakarta pada 19-20 Oktober 2019.

Juru bicara Jakarta Content Creator Community (JCCC) Bagas Djinargo mengatakan kegiatan itu digagas oleh para content creator dari beragam komunitas.

"Mereka melebur diri dalam JCCC tanpa meninggalkan komunitas awal mereka," kata Bagas dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat.

Pameran foto bertujuan untuk menayangkan sejumlah lokasi yang menjadi tempat bertemunya masyarakat yang ada di Jakarta.

Selain pameran juga digelar diskusi yang menghadirkan sejumlah fotografer ternama dan komunitas fotografer dan hobi lainnya.

Baca juga: PFI Palu-LKBN Antara buka pameran foto Sulteng bangkit pascabencana
Baca juga: MRT gandeng Dokter Lintas Batas gelar pameran foto kemanusiaan


Dalam diskusi itu, berbagai komunitas tersebut akan berbicara mengenai ruang ketiga di Jakarta dari sudut pandang komunitas masing-masing.

Para pembuat konten itu adalah mereka yang konsisten mengunggah hasil karya di sosial media. Semuanya memiliki kesamaan, yaitu unggahan mengenai perkembangan yang ada di Jakarta.

“Kami ingin memperlihatkan bahwa Jakarta semakin baik dan bagus tak kalah dengan kota global lainnya,” ujarnya.

Dengan pameran foto ini selain menjadi sarana memamerkan hasil karya dari berbagai content creator, dengan beragam alat seperti hp, kamera, drone, juga merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas karya para pembuat konten.

Penggagas acara Pameran Foto Ruang Ketiga Jakarta, Awan mengatakan  pameran ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa banyak ruang ketiga yang ada di Jakarta.

“'Ruang Ketiga' itu adalah tempat masyarakat bertemu. Di Jakarta kami lihat, itu sudah banyak dan perlu dikembangkan lagi,” katanya.

Awan menambahkan, para fotografer menangkap bahwa Pemprov DKI Jakarta makin giat untuk meningkatkan perbaikan ruang ketiga, tidak hanya dari segi kualitas, namun juga kuantitas serta memikirkan estetikanya.

Semakin banyak masyarakat yang mau bertemu dan berkumpul yang menjadikan semakin banyak ruang ketiga di Jakarta.

“Saya mengutip Gubernur Anies yang menyebut ruang pertama itu adalah di rumah, ruang kedua itu ada di kantor atau tempat berkegiatan, dan ruang ketiga itu adalah tempat bertemunya masyarakat. Itulah yang akan kami angkat di pameran kali ini,” jelas Awan.

Pameran itu direncanakan dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kehadiran gubernur sebagai bentuk kolaborasi antara komunitas fotografi dan Pemprov DKI Jakarta.

Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden apresiasi karya foto jurnalistik pewarta foto Istana Kepresidenan

Komentar