MPR RI gelar gladi bersih pelantikan presiden dan wapres

MPR RI gelar gladi bersih pelantikan presiden dan wapres

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono berfoto bersama para peraga gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, di Gedung MPR-DPR-DPD RI, Jakarta, Sabtu (19/10/2019). ANTARA/Zuhdiar Laeis/am.

Jakarta (ANTARA) - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menggelar gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung MPR-DPR-DPD RI, Jakarta, Sabtu.

Gladi bersih pelantikan presiden dan wapres dimulai pukul 14.30 WIB yang seluruhnya diperagakan oleh para staf Sekretariat Jenderal MPR RI.

Para peraga juga memakai selempang bertuliskan peran masing-masing, mulai presiden, wapres, ketua MPR, wakil ketua MPR, istri presiden, istri wapres, rohaniwan, hingga pembaca doa.

Baca juga: PDI Perjuangan dapat kursi paling banyak di kabinet dinilai wajar
Baca juga: Jalan akses ke rumah Ma'ruf tertutup untuk umum


Sosok Presiden RI Joko Widodo diperagakan oleh Muhamad Jaya, Kepala Bagian Pemberitaan Hubungan Antarlembaga dan Layanan Informasi MPR RI.

Kemudian, Kasubag Penyusunan Program Lembaga Pengkajian MPR Endang Sapari memerankan Wapres Jusuf Kalla, sementara Wapres terpilih KH Ma'ruf Amin diperankan oleh Rindra Budi Priyatmo selaku Kasubag Dukungan Pelaksanaan Lembaga Pengkajian MPR.

Gladi bersih dimulai dengan kedatangan presiden, wapres, dan wapres terpilih di ruang sidang, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Ketua MPR, didampingi para pimpinan MPR yang sudah duduk di mimbar.

Ketua MPR kemudian menyampaikan sambutan sidang dengan agenda tunggal pelantikan Presiden dan Wakil RI periode 2019-2024.

Setelah itu, agenda berlanjut dengan pengucapan sumpah presiden dan wapres terpilih secara bergantian, didampingi rohaniwan.

Kemudian, penandatanganan berita acara pelantikan oleh Presiden dan Wapres, serta para pimpinan MPR RI secara bergantian.

Berita acara pelantikan kemudian diserahkan oleh pimpinan MPR RI kepada Presiden dan Wapres.

Presiden menyampaikan pidato pertama, setelah itu dilanjutkan pembacaan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta sebelum menutup rangkaian pelantikan presiden dan wapres.

Gladi bersih pelantikan presiden dan wapres secara resmi ditutup oleh Ketua MPR RI, ditandai menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Presiden, wapres, beserta istri kemudian melaksanakan sesi foto bersama dan menerima ucapan selamat dari para delegasi negara sahabat dan presiden pendahulu.

Baca juga: Acara istigasah digelar di Kendari jelang pelantikan presiden
Baca juga: 1.500 personel gabungan disiagakan jelang pelantikan Presiden

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bambang Soesatyo pantau gladi bersih pelantikan Presiden RI

Komentar