Posindo telah mengeluarkan produk terbaru pengiriman dokumen atau paket yaitu Q9. Itu produk untuk lokal se-Kota Kediri. Kami jamin sembilan jam sampai
Kediri (ANTARA) - PT Pos Indonesia (Posindo) Kediri, Jawa Timur, telah membuka layanan Q9, yakni pengiriman dokumen dengan jaminan sembilan jam sampai, dan ternyata mayoritas penggunanya memanfaatkan layanan itu untuk mengirimkan dokumen lamaran kerja.

"Posindo telah mengeluarkan produk terbaru pengiriman dokumen atau paket yaitu Q9. Itu produk untuk lokal se-Kota Kediri. Kami jamin sembilan jam sampai," kata Kepala Kantor Pos Kediri, Herman Hudoyo di Kediri, Sabtu.

Ia mengatakan minat masyarakat memanfaatkan layanan ini cukup besar. Kendati di Kediri masih sekitar satu bulan program ini dijalankan, jumlah dokumen yang telah masuk mencapai 1.400 dokumen.

Herman menambahkan tarif yang diberlakukan dalam program ini adalah Rp12 ribu dengan jaminan sembilan jam sampai. Jika ternyata lebih dari jaminan itu, untuk pengiriman selanjutnya akan diberikan layanan lebih termasuk gratis.

Baca juga: PT Pos Indonesia luncurkan layanan Q9, pengiriman paket sehari sampai

Ia juga menambahkan dokumen yang paling banyak dikirim adalah lamaran kerja yang dikirim dengan tujuan Kota Kediri serta beberapa kecamatan wilayah Kabupaten Kediri.

Herman mengatakan program itu diluncurkan oleh pusat masih dalam rangka Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Dengan program tersebut, diharapkan masyarakat akan semakin antusias dengan pelayanan yang diberikan, dengan biaya yang terjangkau.

"Ini supaya masyarakat juga berkirim semakin antusias dengan biaya yang semakin terjangkau," kata dia.

Ia juga mengatakan untuk pengiriman dokumen di Kantor Pos Kediri, pertumbuhannya cukup bagus, hingga di atas angka 10 persen. Namun, untuk bagian jasa keuangan seperti yang membayar tagihan listrik, telepon, air, hingga wesel pos terdapat penurunan.

Selain itu, ia juga menyebut minat masyarakat memanfaatkan layanan kirim dokumen dan paket masih cukup bagus. Kantor pos juga membuat beragam terobosan baru, seperti penurunan tarif kiriman. Jika sebelumnya untuk Kediri ke Surabaya ukuran 1 kilogram tarifnya Rp9 ribu, kini turun menjadi Rp7 ribu per kilogram.

Baca juga: Kantor Pos luncurkan layanan keuangan Giro Mobile

Posindo meluncurkan layanan baru untuk mendukung kelancaran usaha para pebisnis yaitu Q9 (kiu nain).

Q9 merupakan layanan pengiriman barang sameday service dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan ibu kota provinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa.

Batas akhir pengiriman (cut off time) untuk layanan Q9 sampai pukul 16.00 WIB. Tarif kiriman Q9 dihitung per kilogram, dengan tingkat berat maksimal paket 5 kilogram. 

Baca juga: PT Pos Regional X luncurkan layanan aplikasi Giropos
 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019