Liga Spanyol

Barcelona ambil alih puncak usai pecundangi Eibar

Barcelona ambil alih puncak usai pecundangi Eibar

Penyerang Barcelona Antoine Griezmann (kanan) merayakan golnya ke gawang Eibar bersama rekan-rekannya dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Ipurua, Eibar, Spanyol, Sabtu (19/10/2019). (ANTARA/REUTERS/Vincent West)

Jakarta (ANTARA) - Barcelona mengambil alih puncak klasemen Liga Spanyol seusai mempecundangi tuan rumah Eibar 3-0 dalam laga pekan kesembilan di Stadion Ipurua, Sabtu.

Kemenangan atas Eibar membuat Barcelona kini mengoleksi 19 poin dan menggusur Real Madrid (18) yang baru bermain pada Minggu (20/10) dini hari WIB.

Sementara bagi Eibar (9) kekalahan itu membuat mereka tertahan di urutan ke-14 dengan ancaman merosot ke posisi lebih buruk menanti hasil laga lain.

Baca juga: Jadwal Liga Spanyol: Barcelona bisa rebut puncak dari Real Madrid

Padahal Eibar sempat memulai pertandingan dengan baik dan mengancam tamunya saat bek kiri Cote membantu serangan dan melepaskan umpan tarik yang bisa disambut Pedro Leon, sayang tembakannya melambung di atas mistar gawang pada menit ke-12.

Ironisnya semenit berselang, Barcelona justru berhasil membuka keunggulan lewat gol Antoine Griezmann. Sebuah umpan jauh dari Clement Lenglet gagal diantisipasi pertahanan Eibar dan berhasil dikejar Griezmann yang mengakhirinya dengan tembakan terukur ke gawang tuan rumah.

Pada menit ke-31, Barcelona berpeluang menggandakan keunggulan, namun upaya Lionel Messi melakukan tipuan berhasil dihentikan oleh kiper Marko Dmitrovic sebelum rekan-rekannya menyapu bola dari situasi berbahaya.

Keunggulan Barcelona bertahan hingga turun minum dan lima menit memasuki babak kedua Luis Suarez berhasil menyarangkan bola ke gawang Eibar memanfaatkan umpan Messi, namun gol itu dianulir karena Suarez terlanjur berada dalam posisi offside.

Barcelona akhirnya menggandakan keunggulan pada menit ke-58 lewat gol Messi yang dihasilkan dari kerja sama apik dengan Suarez dan Griezmann. Suarez memberikan umpan kepada Griezmann yang sudah berada dalam ruang tembak terbuka memilih menyodorkan bola kepada Messi yang menyelesaikannya ke sudut bawah gawang.

Situasi serupa kembali terjadi delapan menit kemudian. Griezmann mengirimkan umpan untuk Messi yang sudah menghadapi Dmitrovic, namun ia memutuskan untuk meneruskan bola kepada Suarez yang dengan mudah mencetak gol ke gawang tak bertuan.

Barcelona terus melanjutkan penampilan dominan mereka namun skor 3-0 tak berubah hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Baca juga: Ernesto Valverde minta El Clasico tidak dipindah atau ditunda

Baca juga: Demo Catalonia paksa El Clasico mundur ke 18 Desember

Susunan pemain:

Eibar (4-4-2): Marko Dmitrovic; Pablo de Blasis, Paulo Oliveira, Arbilla; Cote, Pedro Leon (Edu Exposito), Sergio Alvarez, Pape Diop, Fabian Orellana; Sergi Enrich (Takashi Inui), Charles (Kike)
Pelatih: Jose Luis Mendilibar

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (Nelson Semedo), Samuel Umtiti, Clement Lenglet, Jordi Alba; Frenkie de Jong (Ivan Rakitic), Sergio Busquets, Arthur Melo (Arturo Vidal); Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann
Pelatih: Ernesto Valverde

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar