Trump tanggalkan rencana gunakan resor golf Florida untuk KTT G7

Trump tanggalkan rencana gunakan resor golf Florida untuk KTT G7

Resort Mar-a-Lago milik Presiden Donald Trump yang kerap disebut Gedung Putih Musim Dingin oleh Trump dan menjadi tempat di mana Trump kerap menjamu tamu negara asing. (Reuters) (Reuters)

Washington (ANTARA) - Donald Trump pada Sabtu malam (19/10) membatalkan rencana menjamu KTT Kelompok Tujuh tahun depan di resor golf Florida miliknya, setelah Demokrat dan yang lain mengecam pemilihan tempat itu sebagai bukti presiden menyalahgunakan kantor untuk keuntungan pribadi.

Dalam serangkaian cuitan Trump mengatakan bahwa ia akan membatalkan rencana yang diumumkan Kamis oleh penjabat kepala staf Gedung Putih Mick Mulvaney untuk menjadi tuan rumah pertemuan di resor golf Trump National Doral di dekat Miami pada 10 hingga 12 Juni.

Permusuhan irasional "dari Demokrat dan media berita dalam menjelaskan pembalikan. Kami akan segera mulai mencari tempat lain, termasuk kemungkinan Camp David, segera," tulisnya.

Presiden dari partai Republik itu menghadapi kritik dan sejumlah penyelidikan kongres atas keuangannya dan potensi konflik kepentingan yang bersumber dari bisnis real estatnya, yang masih ia miliki, dan penyelidikan pemalsuan terhadap tuduhan bahwa ia mengejar kepentingan politik dalam hubungannya dengan Ukraina.

Trump mencari pada Sabtu dalam pembalikan yang tidak biasa untuk menekankan apa yang dia katakan adalah fitur positif resor untuk menjadi tuan rumah pertemuan besar. "Saya pikir saya melakukan sesuatu yang sangat baik untuk Negara kita," tulisnya di Twitter.

Klausul konstitusi AS A. melarang pejabat pemerintah menerima gaji, biaya atau keuntungan dari pemerintah asing dan domestik tanpa persetujuan kongres.

Kelompok pengawas Warga Negara untuk Tanggungjawab dan Etika di Washington mengatakan pada Sabtu keputusan awal untuk memberikan acara tersebut kepada properti Trump adalah "sangat korup" tetapi "pembalikan menunjukkan bahwa tekanan berhasil".


Baca juga: Rencana Trump selenggarakan G7 di resor golf miliknya picu kritikan


"Presiden tidak layak dipuji karena melakukan hal yang benar hanya setelah protes publik memaksanya untuk tidak melakukan hal yang salah," katanya.

Demokrat mengatakan mereka akan menyelidiki rencana Trump untuk menjadi tuan rumah G7 di propertinya setelah ia melayangkan gagasan itu pada Agustus. Keputusan itu juga memicu kecaman dari sejumlah Republikan.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis, Ketua Komite Kehakiman DPR Jerrold Nadler menyebut pengumuman itu "di antara contoh paling berani tentang korupsi presiden." Nadler mengatakan komite akan terus menyelidiki "tentang masalah ini."

Pengumuman mendorong permintaan dari Demokrat untuk catatan terperinci dari Gedung Putih untuk menjelaskan mengapa 11 situs lain tidak dipilih dan berapa banyak pembayar pajak akan membayar.

Pada bulan Mei, Washington Post melaporkan pendapatan operasional Doral golf resort turun 69 persen sejak 2015, mengutip dokumen perusahaan yang ditinjau.

Mulvaney telah menyarankan pada hari Kamis (17/10)  bahwa Trump tidak akan mendapat untung dari penggunaan properti karena biaya apapun akan "dengan biaya".

Dia juga mengatakan menggunakan Doral golf resort "jutaan dolar lebih murah" daripada fasilitas lain dan akan mengarah pada "penghematan sekitar 50%" - tetapi Gedung Putih tidak mengeluarkan dokumen apa pun untuk menjelaskan analisis itu.

Kemudian Presiden Barack Obama mengadakan KTT G8 2012 di Camp David, yang berada di Maryland, sekitar 60 mil (100 km) barat laut Washington.

Trump pertama kali melayangkan gagasan itu pada Agustus setelah menghadiri G7 di Prancis. Dia juga menjamu para pemimpin dunia di beberapa propertinya yang lain, termasuk di klub tepi pantai Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida.

Sumber: Reuters

Baca juga: Queen larang Donald Trump gunakan "We Will Rock You" untuk kampanye

 

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

TKN Jokowi-Amin: Ada strategi ala Trump untuk mendelegitimasi pemilu

Komentar