Jelang pelantikan, Jokowi salami warga di depan Istana Merdeka

Jelang pelantikan, Jokowi salami warga di depan Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi putranya Gibran Rakabuming (kanan) menyalami warga sebelum mengikuti upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/Rachman/mrh/hp/pri

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyempatkan diri menyapa masyarakat yang berkumpul di depan Istana Merdeka sesaat sebelum berangkat menuju Gedung MPR/DPR/DPD RI untuk menghadiri pelantikan.

Seperti kebiasaan Presiden yang kerap bertindak spontan, ketika iring-iringan mobil Kepresidenan keluar dari pintu depan Istana Merdeka menuju ke arah Medan Merdeka Barat, berhenti dan Presiden ditemani oleh putranya Gibran Rakabuming turun dan berjalan sekitar 50 meter ke arah masyarakat yang sudah berkumpul di persimpangan antara Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Dari gambar yang ditayangkan oleh jaringan televisi nasional, Jokowi yang akan dilantik sebagai Presiden untuk periode kedua masa bakti 2019-2024 mengenakan pakaian sipil lengkap (PSL) terdiri dari stelan jas berwarna biru tua dan mengenakan kemeja putih dan berdasi merah. Sementara Gibran mengenakan stelan jas berwarna abu-abu dengan kemeja warna putih dan dasi warna biru tua.

Baca juga: Sebelum pelantikan presiden, Jokowi momong cucu

Baca juga: Jokowi ajak keluarga hadiri pelantikan presiden, kecuali Ethes

Baca juga: Presiden Jokowi tinggalkan Istana Merdeka menuju gedung MPR


Masyarakat yang membawa bendera merah putih kecil tampak antusias dan membalas sapaan Presiden sekaligus beberapa diantaranya berkesempatan bersalaman dengan Presiden dan Kaesang. Beberapa anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tampak berjaga dibantu oleh petugas kepolisian.

Seorang warga tampak mengajak Kaesang untuk berswafoto bersama dan kemudian juga mengajak presiden untuk berswafoto. Keberadaan Presiden di antara masyarakat itu berlangsung sekitar 5 menit dan kemudian bersama Gibran berjalan kembali ke mobil Kepresidenan dan melanjutkan perjalanan menuju Gedung MPR/DPR/DPD.




 

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden lantik Daniel Yusmic dan Suhartoyo sebagai hakim MK

Komentar