Ganjar: Tantangan kedepan pemerintah faktor eksternal

Ganjar: Tantangan kedepan pemerintah faktor eksternal

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di halaman ruang rapat paripurna, Gedung MPR/DPR RI Jakarta pada Minggu (20/1/2019). (ANTARA/Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan tantangan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin kedepan lebih kepada faktor eksternal.

"Faktor eksternal dunia berubah dengan cepat baik sektor politik, sosial dan budaya hingga ekonomi. Maka nampak-nampaknya Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf akan menghadapi tantangan yang tidak ringan," kata Ganjar ditemui di halaman ruang rapat paripurna, Gedung MPR/DPR RI Jakarta pada Minggu.

Menurut Ganjar, sejumlah kepala daerah perlu bersatu dan menyamakan visi untuk mendukung pemerintahan.

Baca juga: Makna batik "Tambal Pamiluto" yang dikenakan Iriana Jokowi
Baca juga: PR beban stunting dan BPJS Kesehatan pemerintahan Jokowi-Amin


Sejumlah hal yang dapat dilakukan pemerintahan daerah yakni mengupayakan tingkat memudahkan berusaha, pemberantasan korupsi, serta reformasi birokrasi.

"Kami-kami ini yang akan mendukung itu. Dan menciptakan suasana yang kondusif. Kalau itu terjadi maka investasi masuk, kemudian pemerintah jalan dengan baik dan cepat, kemudian itu bisa responsif terhadap perguliran yang terjadi," kata Ganjar.

MPR melantik pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024.

Sejumlah kepala daerah yang terlihat hadir pada acara itu antara lain Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Baca juga: Relawan KBJ Solo gelar syukuran pelantikan Presiden
Baca juga: Ketua MPR berpantun apresiasi Prabowo dan Sandi berlapang dada

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden akan lantik Dewas KPK pada Desember

Komentar