untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di daerah Bogor Timur
Cileungsi, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin banyak berharap soal Kabupaten Bogor kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin usai dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, khususnya melanjutkan pembangunan Jalur Puncak Dua.

"Pak Jokowi tolong bangunkan dong Jalur Puncak Dua, karena untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di daerah Bogor Timur," ujarnya kepada Antara usai menghadiri Pasar Rakyat di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Minggu.

Menurutnya, pembangunan jalan yang biasa disebut Poros Tengah Timur Kabupaten Bogor itu juga merupakan sebagai upaya penanganan kemacetan di Jalur Puncak, meski dalam waktu dekat Pemkab Bogor bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek akan menguji coba ramuan baru pengganti sistem buka tutup, yakni sistem kanalisasi 2-1.

Baca juga: Pembahasan Jalur Puncak Dua Bogor usai Jokowi bentuk kabinet baru

Bupati yang belum genap setahun memimpin Kabupaten Bogor itu mengaku akan terus mendorong pemerintah pusat untuk menyelesaikan pembangunan jalur Puncak Dua, sebelum melakukan pembangunan di daerah-daerah lain, mengingat Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah penyangga Jakarta.

Di samping itu, Ade Yasin juga berharap Jokowi-Ma'ruf Amin peduli dengan 45 desa di Kabupaten Bogor yang masih berstatus sebagai desa tertinggal.

"Masih ada sekitar 45 desa tertinggal di Kabupaten Bogor, oleh karenanya saya berharap pemerataan dan percepatan pembangunan khususnya di wilayah pedesaan bisa terwujud," tuturnya.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu berharap, di periode kedua masa kepemimpinan Presiden Jokowi mampu meniti jalan agar terwujudnya Indonesia emas pada tahun 2045.

Sebagai informasi, setelah selesai pembebasan lahan jalur Puncak Dua yang panjangnya mencapai 46 kilometer ini, Kementerian PUPR sempat membangun sebagian ruasnya pada tahun 2015. Tapi proyeknya sempat terhenti lantaran ada perubahan Detil Engineering Design (DED) di tengah jalan.

Baca juga: DPRD Bogor sebut Jalur Puncak Dua tetap solusi
Baca juga: Bupati Bogor desak Kemen PUPR lanjutkan bangun jalur Puncak Dua

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019