Modal yang ditarik masuk ke dalam negeri itu dapat diputar di dalam perekonomian Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai bahwa kemudahan masyarakat mengakses permodalan menjadi salah satu syarat Indonesia dapat keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah.

Peneliti Indef Rusli Abdullah di Jakarta, Minggu mengatakan bahwa perbankan nasional harus dirancang untuk mendukung modal wirausaha.

"Modal di Indonesia saat ini mahal. Modal yang mahal terlihat dari suku bunga kredit yang tinggi apabila dibandingkan dengan negara-negara ASEAN dan rasio pinjaman terhadap pendanaan (Loan to Deposit Ratio/LDR) pebankan Indonesia yang mencapai 94 persen," katanya.

Baca juga: Sandiaga: Pidato Jokowi harapan bagi bangsa tumbuh lebih tinggi

Menurut dia, salah satu cara untuk menambah modal adalah dengan menarik modal orang Indonesia yang disimpan di luar negeri untuk dibawa ke Indonesia.

"Modal yang ditarik masuk ke dalam negeri itu dapat diputar di dalam perekonomian Indonesia," ucapnya.

Presiden Joko Widodo dalam pidato pelantikannya, Minggu sore, menyampaikan bahwa potensi Indonesia untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah sangat besar.

Saat ini, lanjut dia, Indonesia sedang berada di puncak bonus demografi, di mana penduduk usia produktif kita jauh lebih tinggi dibandingkan usia tidak produktif.

"Ini adalah tantangan besar dan sekaligus juga sebuah kesempatan besar. Ini menjadi masalah besar jika kita tidak mampu menyediakan kesempatan kerja," kata Presiden.

"Tapi akan menjadi kesempatan besar jika kita mampu membangun SDM yang unggul. Dengan didukung oleh ekosistem politik yang kondusif dan dengan ekosistem ekonomi yang kondusif," tambah Presiden.

Baca juga: Indef: Pertumbuhan ekonomi merata syarat keluar jebakan kelas menengah
Baca juga: Kiara soroti Pidato Kenegaraan hanya terkait ekonomi makro

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019