Liga Prancis

Saint-Etienne tundukkan Bordeaux, lanjutkan awal baik era Claude Puel

Saint-Etienne tundukkan Bordeaux, lanjutkan awal baik era Claude Puel

Manajer AS Saint-Etienne memberikan arahan kepada pemainnya saat menghadapi Bordeaux dalam laga lanjutan Liga Prancis di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux, Prancis, Minggu (20/10/2019). (ANTARA/AFP/Nicolas Tucat)

Jakarta (ANTARA) - AS Saint-Etienne menundukkan tuan rumah Bordeaux 1-0 dalam laga pekan ke-10 Liga Prancis di Stadion Matmut Atlantique, Minggu, demi melanjutkan awal positif era kepelatihan Claude Puel.

Sebuah eksekusi penalti Denis Bouanga pada menit-menit akhir pertandingan memastikan Saint-Etienne membukukan dua kemenangan dalam dua laga di bawah kepemimpinan Puel, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Hasil itu sekaligus mengangkat posisi Saint-Etienne ke urutan kesembilan dengan raihan 14 poin, sedangkan Bordeaux (15) tertahan di tempat kelima.

Kenaikan tersebut cukup impresif mengingat Puel mewarisi Saint-Etienne yang terjerembab di urutan ke-19 klasemen dari manajer sebelumnya Ghislain Printant pada 5 Oktober 2019.

Baca juga: Claude Puel jadi manajer anyar Saint-Etienne jelang hadapi Lyon

Baca juga: Lyon kian terpuruk, kalah menyakitkan di markas Saint-Etienne


Kemenangan Saint-Etienne kali ini tidak lepas dari kokohnya lini pertahanan mereka kendati di bawah tekanan Bordeaux yang memiliki 63 persen penguasaan bola sepanjang laga dan melepaskan 12 percobaan tembakan yang separuhnya menemui sasaran.

Salah satu peluang paling berbahaya Bordeaux lahir dari aksi legiun Korea Selatan Hwang Ui-jo yang baru 12 menit merumput setelah menggantikan Samuel Kalu dan melepaskan tembakan jarak jauh yang masih bisa ditepis kiper Stephane Ruffier pada menit ke-67.

Ui-jo kembali mengancam gawang Saint-Etienne pada menit ke-80 namun lagi-lagi tembakannya diamankan Ruffier.

Kedua tim sepertinya akan berbagi satu poin ketika pada menit ke-90 Pablo tiba-tiba melanggar Arnaud Nordin di dalam area terlarang sehingga wasit segera menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Bouanga yang menjadi algojo dan menaklukkan kiper Benoit Costil dengan menghujamkan bola ke sudut kiri atas gawang untuk membawa tim tamu unggul pada injury time.

Bordeaux berusaha menyelamatkan setidaknya satu poin, namun peluang pemungkas mereka dari Josh Maja kembali bisa digagalkan oleh Ruffier yang memastikan kemenangan Saint-Etienne 1-0.

Baca juga: Debut Rudi Garcia di Lyon cuma berbuah skor kacamata kontra Dijon

Baca juga: Reims menyodok ke posisi ketiga saat Angers, Lille dan Nantes kalah


Susunan pemain:

Bordeaux (3-4-2-1): Benoit Costil; Mexer, Laurent Koscielny (Vukasin Jovanovic), Pablo; Francois Kamano, Youssef Ait Bennasser (Josh Maja), Otavio, Loris Benito; Yacine Adli, Samuel Kalu (Hwang Ui-jo); Jimmy Briand
Pelatih: Paulo Sousa

AS Saint-Etienne (3-4-2-1): Stephane Ruffier; Wesley Fofana, Loic Perrin (Timothee Kolodziejczak), William Saliba; Sergi Palencia, Yann M'Villa, Zaydou Youssouf, Denis Bouanga; Ryan Boudebouz (Arnaud Nordin), Wahbi Khazri (Yohan Cabaye); Charels Abi
Pelatih: Claude Puel

Baca juga: PSG menang 4-1 lawan sembilan pemain Nice

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Prancis: PSG kini unggul lima poin

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar