Balap Sepeda

Pebalap MTB SEA Games fokus kuatkan kaki

Pebalap MTB SEA Games fokus kuatkan kaki

Pebalap MTB cross country Indonesia, Zaenal Fanani. ANTARA/HO-PB ISSI/aa.

Melibatkan banyak pihak untuk meningkatkan kekuatan ini
Jakarta (ANTARA) - Pebalap MTB nomor cross country (XCO) putra yang disiapkan untuk SEA Games 2019, Zaenal Fanani, fokus meningkatkan kekuatan kaki sebelum mereka turun pada kejuaraan dua tahunan di Filipina, 30 November - 11 Desember.

Kepada Bidang Peningkatan Prestasi Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Budi Saputra di Jakarta, Senin, mengatakan berdasarkan laporan pelatih kekuatan kaki Fanani berbeda cukup jauh sehingga harus dilakukan penyelarasan.

"Proses terus berjalan. Pada awalnya perbedaan kekuatan kaki Fanani kiri dan kanan mencapai 42 persen berbanding 58 persen dan saat ini kekuatannya mulai ada perubahan, 48 persen berbanding 52 persen," kata dia.

Menurut dia, pemusatan latihan XCO sebelumnya dilakukan di Jawa Barat, namun beberapa waktu terakhir dilakukan di Jakarta yang alah satu tujuannya untuk meningkatkan kemampuan terutama dalam meningkatkan kekuatan kaki.

"Melibatkan banyak pihak untuk meningkatkan kekuatan ini. Termasuk dengan menggunakan watt bike seperti pebalap disiplin yang lain," kata Budi menambahkan.

Baca juga: Fanani dan Rafika incar emas MTB XC di SEA Games 2019

Dengan terus meningkatkan kekuatan, pria asal Purwokerto itu optimistis Zaenal Fanani mampu bicara banyak pada SEA Games 2019. Apalagi persiapan pendukung termasuk uji kemampuan pada kejuaraan internasional juga dilakukan.

Selain Zaenal Fanani, pada SEA Games 2019, Indonesia juga menurunkan pebalap XCO lainnya Rafika Farisi. Keduanya akhir pekan kemarin juga turun pada kejuaraan internasional C3 di Liquica, Timor Leste.

Pada kejuaraan yang diikuti pebalap yang juga akan turun pada SEA Games 2019 seperti Thailand dan tuan rumah Filipina, Zaenal Fanani merebut medali emas, tapi sayang Rafika Farisi gagal finis.

Kontingen balap sepeda Indonesia pada SEA Games 2019 berkekuatan 19 atlet putra dan putri, dengan target dua emas yang diharapkan didapat dari disiplin BMX dan MTB (XCO dan Downhill).

Baca juga: Kontingen Indonesia tambah empat cabor di SEA Games 2019

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Timnas U-22 siap berlaga di SEA Games

Komentar