Indonesia raih lima medali "Global Games Australia"

Indonesia raih lima medali "Global Games Australia"

Sapta Kunta Purnama selaku Ketua Kontingan NPC Indonesia (kanan) , saat memberikan keterangan hasil ikuti even INAS Global Games 2019 Australia, di Kantor NPC Solo, Senin. ANTARA/Bambang Dwi Marwoto/pri.

Solo (ANTARA) - Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia yang mengirimkan 18 atlet berhasil membawa pulang lima medali pada laga organisasi internaisonal tuna grahita (INAS) Global Games 2019, di Brisbane Australia.

NPC Indonesia yang mengirimkan 18 atlet mengikuti tiga cabang olahraga dari 10 cabang yang dipertandingkan, dan meraih satu emas, dua perak, dua perunggu, dalam kejuaraan INAS Global Games 2019, di Brisbane Australia, kata Sapta Kunta Purnama, Ketua Kontingan NPC Indonesia, setibanya di Solo, Senin.

Menurut Kunta, NPC Indonesia yang mengikuti tiga cabang olahraga, yakni atletik, renang dan tenis meja, sedangkan cabang lainnya, yakni tenis lapangan, taekwondo, rowing, netball, balap sepeda, basket, futsal, dan kriket tidak mengikuti.

Lima medali yang berhasil diraih oleh atlet Indonesia pada cabang atletik nomor lari 400 meter putri atas nama Elvin Elhudia Sesa. Atlet Indonesia khusus tuna grahita ini sangat mengejutkan karena berhasil mengalahkan atlet peraih medali emas dan perak pada Asian Para Games 2018 di Indonesia.

Baca juga: Capaian hari ketiga atlet Indonesia yg tak disangka NPC

Kunto mengatakan dua medali perak diraih dari cabang renang nomor 50 meter gaya kupu-kupu atas nama Syuci Indriani dan cabang atletik nomor lari 800 meter atas nama Tiwa. Sedangkan, dua medali perunggu diraih dari cabang lari 800 meter atas nama Elvin Elhudia Sesa), dan renang gaya ganti Mixed 4X100 meter atas nama Syuci Indriani, Meliana Ratih, Muhammad Bejita, dan Irfan Septiana.

Menurut dia, NPC Indonesia yang dikirim ke INAS Global Games 2019 di Australia tersebut sebagai ajang tiket menuju pesta olahraga dunia disabilitas Paralympiade 2020 di Tokyo Jepang.

Kontingan NPC Indonesia dengan membawa 18 atlet berangkat ke Australia pada 10 Oktober. Sedangkan, evan INAS Global Games 2019, dimulai pada tanggal 12-19 Oktober, dengan diikuti 47 negara. Ada 10 cabang yang dipertandingkan ditambah dua cabang ekshibisi.

18 atlet NPC Indonesia pada cabang olahraga atletik, yakni Abraham Elopere, Suparni Yati, Endi Nurdin Tine, Elvin Elhudia Sesa, Nasrodin, Felipus Kolymau, Tiwa, dan Rica Oktavia. Sedangkan untuk tenis meja, NPC sudah menyiapkan empat nama, yakni Lola Amalia, Metri, Dwi Hajiyanto, dan Achmad Yusuf.

Pada cabang olahraga renang atlet Indonesia yang dikirim, yakni Irfan Septiana, Daniel Nugroho Wijayanto, Syuci Indriani, Meliana Ratih Pratama, Kevin Ode Natama, dan Muhammad Bejita.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar