Pasar saham Australia berakhir hampir tak berubah

Pasar saham Australia berakhir hampir tak berubah

Ilustrasi - Bendera nasional Australia dengan tampilan besar harga pasar harian, pasar saham Australia. ANTARA/Shutterstock/pri.

Tokyo (ANTARA) - Pasar saham Australia mengembalikan kerugiannya setelah dibuka lebih rendah di awal perdagangan Senin, menjadi berakhir hampir tidak berubah.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 2,80 poin atau 0,042 persen menjadi 6.652,50 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 3,50 poin atau 0,052 persen pada 6.754,90 poin.

Pasar saham Australia anjlok mendekati 20 poin pada posisi pembukaan dengan kerugian yang luas, namun perubahan di sektor industri, consumer discretionaries dan keuangan melihat keseluruhan indeks bertahap pulih.

Baca juga: Pasar saham Australia dibuka turun dengan kerugian luas

Sektor material memimpin kenaikan sepanjang hari, namun terus membebani indeks adalah saham teknologi yang turun lebih dari dua persen.

"Wisetech (WTC) merosot 12 persen pagi ini karena tuduhan lebih lanjut dari penjualan jangka pendek yang berbasis di AS," kata analis pasar Commsec Steven Daghlian.

"Pengembang perangkat lunak logistik memasuki kembali penghentian perdagangan setelah kurang dari satu jam perdagangan Senin pagi."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia beragam dengan Commonwealth Bank naik 0,09 persen, ANZ turun 0,18 persen, National Australia Bank naik 0,35 persen dan Westpac Bank turun 0,05 persen.

Saham-saham pertambangan menguat dengan BHP naik 0,46 persen, Rio Tinto naik 0,25 persen, Fortescue Metals naik 0,42 persen dan penambang emas Newcrest naik 1,21 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia berakhir turun dengan kerugian meluas

Perusahaan-perusahaan minyak dan gas merosot dengan Oil Search turun 0,56 persen, Santos turun 0,26 persen, dan Woodside Petroleum turun 0,81 persen.

Supermarket terbesar Australia melemah dengan Coles turun 0,33 persen dan Woolworths turun 0,08 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra meningkat 0,56 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas tidak berubah dan perusahaan biomedis CSL turun 0,62 persen.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar