Kadin gandeng Lemhannas mantapkan nilai kebangsaan pengusaha

Kadin gandeng Lemhannas mantapkan nilai kebangsaan pengusaha

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani. ANTARA/HO/Kadin Indonesia.

kiprah setiap pengusaha hendaknya diabdikan kepada kepentingan bangsa di atas kepentingan lainnya
Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggandeng Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) untuk menggelar pelatihan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi kalangan pengusaha.

Wawasan kebangsaan dinilai penting dimiliki para pelaku usaha sebagai salah satu pilar memajukan perekonomian nasional.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani dalam siaran pers di Jakarta, Senin, mengatakan dalam lingkungan strategis ekonomi global dan nasional yang serba tidak menentu, upaya-upaya untuk memantapkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai kebangsaan merupakan suatu keharusan untuk menghadapi berbagai ancaman baik dari luar maupun dalam negeri.

"Apabila tidak diwaspadai akan berpotensi menjurus ke situasi konflik dan perpecahan yang tentunya akan berdampak negatif terhadap stabilitas perekonomian dan pembangunan bangsa," katanya.

Baca juga: Calon ketua Hipmi akan bentuk pengusaha muda berjiwa nasionalis

Terlebih di tengah berbagai masalah yang masih mewarnai ekonomi Indonesia, diantaranya masih adanya defisit neraca berjalan, defisit neraca perdagangan, defisit anggaran belanja, di samping belum terselesaikannya secara tuntas masalah kemiskinan, lapangan kerja dan ketimpangan.

"Ke depan kita akan berusaha keras untuk meningkatkan kinerja ekspor, arus investasi, mendorong industri terutama industri ekspor, dan tidak kalah pentingnya meningkatkan pariwisata. Untuk mendukung semua usaha itu, upaya meningkatkan daya saing ekonomi menjadi sangat krusial, terutama dengan melakukan perombakan struktural. Sehingga, diperlukan stabilitas politik dan keamanan dengan menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.

Bagi pengusaha, tambah Rosan, pengamalan melalui pemantapan nilai-nilai kebangsaan menjadi sangat penting karena para pengusaha merupakan komponen inti penggerak pertumbuhan ekonomi yang kegiatannya akan berdampak langsung terhadap dinamika dan kemajuan ekonomi, yang pada gilirannya juga akan berdampak ke bidang sosial, politik dan keamanan.

Baca juga: Sejumlah pengusaha Indonesia dukung Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap

Menurut dia, pembangunan ekonomi yang berkualitas dan berkeadilan serta bertumpu kepada kepentingan bangsa akan menjadi dorongan kuat bagi para pengusaha dalam kiprahnya untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.

"Semangat kebangsaan harus terus dipelihara dan ditumbuhkembangkan. Dengan kata lain, kiprah setiap pengusaha hendaknya diabdikan kepada kepentingan bangsa di atas kepentingan lainnya," pungkas Rosan.

Pelatihan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Pengusaha yang digelar 21-27 Oktober 2019 di Lemhannas merupakan kegiatan yang dilakukan untuk kelima kalinya.

Sebanyak 130 peserta datang dari berbagai daerah antara lain Jabodetabek, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Melalui pelatihan ini, selain meningkatkan wawasan kebangsaan diharapkan pula dapat membentuk pengusaha dengan moral dan etika yang baik dan berkarakter untuk mewujudkan dunia usaha yang kuat dan berdaya saing, serta mampu memecahkan berbagai persoalan bangsa khususnya yang terkait dengan ekonomi dan nilai-nilai kebangsaan.

Baca juga: Gubernur Lemhannas sebut SDM modalitas penting pembangunan negara

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kadin Cilegon: investor wajib serap tenaga kerja lokal

Komentar