Kunjungan Ma'ruf Amin ke Tokyo perkuat hubungan Indonesia-Jepang

Kunjungan Ma'ruf Amin ke Tokyo perkuat hubungan Indonesia-Jepang

Kepala Sekretariat Wakil Presiden (Kasetwapres) Mohamad Oemar (kiri) memberikan keterangan pers terkait kunjungan kenegaraan Wapres Ma'ruf Amin ke Tokyo, Jepang, Senin (21/10/2019). ANTARA FOTO/Fransiska Ninditya.

Buat Indonesia, khususnya buat Pak Wapres Ma'ruf, ini bukan sekadar kunjungan pertama ke luar negeri karena belum 24 jam sejak pelantikan. Ini terutama untuk merefleksikan hubungan yang kuat dan dekat antara Indonesia dan Jepang
Jakarta (ANTARA) - Kunjungan kenegaraan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke Tokyo, yang mewakili Presiden Joko Widodo dalam memenuhi undangan Penobatan Kaisar Naruhito, semakin memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang, kata Kepala Sekretariat Wakil Presiden (Kasetwapres) Mohamad Oemar di Tokyo.

"Buat Indonesia, khususnya buat Pak Wapres Ma'ruf, ini bukan sekadar kunjungan pertama ke luar negeri karena belum 24 jam sejak pelantikan. Ini terutama untuk merefleksikan hubungan yang kuat dan dekat antara Indonesia dan Jepang," kata Oemar setibanya di Hotel Imperial Tokyo, Senin malam.

Sebagai salah satu mitra dekat Indonesia, lanjut diplomat senior itu, Jepang memiliki kerja sama yang erat di berbagai bidang, antara lain perdagangan, pendidikan dan kebudayaan, yang semakin diperkuat melalui IJepa atau Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin bertolak ke Jepang hadiri penobatan kaisar

Upacara penobatan Kaisar Naruhito akan dilangsungkan Selasa (22/10) di Imperial Palace Tokyo dengan dihadiri 2.000 tamu, baik dari Jepang maupun perwakilan dari 170 negara.

Dalam acara penobatan tersebut, Wapres Ma'ruf hanya akan didampingi istrinya, Wury Estu Handayani, bersama dengan ratusan pemimpin negara lain di ruangan upacara. Sementara pengamanan pribadi (pampri), ajudan dan dokter wapres tidak diperkenankan berada di samping Wapres Ma'ruf selama upacara penobatan.

"Tentunya dengan kehadiran Pak Wapres ini, kita ingin menyampaikan pesan, menunjukkan kepada Jepang sebagai mitra strategis Indonesia, sekaligus juga kedekatan hubungan dan keinginan Indonesia untuk terus menjalin persahabatan yang kuat dengan Jepang," ujar Oemar.

Baca juga: Terima tamu negara, Wapres Ma'ruf: Kita siap tingkatkan kerja sama

Sehari setelah dilantik sebagai wapres 2019-2024, Ma'ruf Amin langsung melakukan kunjungan kehormatan ke Tokyo, dengan didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Setwapres Mohamad Oemar, Wury Ma’ruf Amin dan Gayatri Dewi Oemar.

Ma'ruf dan rombongan tiba di Bandara Internasional Narita Jepang pukul 19.20 waktu setempat dan langsung menuju ke Imperial Hotel Tokyo. Sebelum menghadiri acara penobatan Kaisar Naruhito, Wapres Ma'ruf juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Malaysia Sultan Abdullah di Hotel Imperial Tokyo.

Baca juga: Khofifah harap Ma'ruf Amin perkuat sektor ekonomi syariah

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wapres minta aset First Travel dikembalikan ke korban

Komentar