Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai BUMN agen pembangunan terus memberikan kontribusi positif untuk seluruh masyarakat termasuk di bidang pendidikan yang diwujudkan melalui program Waskita Peduli yang membantu pengembangan ruang Laboratorium Matematika, di SMPN 19 Purworejo, Jawa Tengah.

“Pembangunan ruang laboratorium matematika untuk mendukung kreativitas para pengajar dan meningkatkan kemampuan murid dalam belajar matematika di SMPN 19 Purworejo yang diharapkan memotivasi guru-guru di sekolah lainnya,” kata Director of Human Capital Management & System Development Waskita Karya, Hadjar Seti Adji dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa.

Bantuan pemulihan laboratorium matematika berupa bangunan fisik dan sarang pendukung mengajar seperti meja, kursi yang selesai dibangun pada September 2019.

Baca juga: Waskita raih penghargaan K3 tingkat global di Las Vegas

Hadjar mencontohkan, seorang guru matematika SMPN 19 Purworejo bernama Juli Eko Sarwono, meyakini murid-muridnya suatu saat akan mencintai matematika. Nilai matematika murid-muridnya akan bagus dengan metode alat peraga.

Biasanya Juli Eko mengajar matematika dengan metode memakai alat peraga.

Metode itu terbilang jitu untuk diterapkan pada anak usia SMP, karena pelajar mampu mengimajinasikan rumus-rumus yang ada dalam buku dengan menerapkan langsung pada berbagai alat peraga.

Baca juga: Waskita akan terima pembayaran proyek "turnkey" Rp2,52 triliun Oktober

Sistem pendidikan saat ini, di mana para peserta didik dipacu dan dilatih untuk terus mengembangkan keterampilan ilmiah seperti mencari, mengumpulkan, mengamati, bereksperimen, dan menyimpulkan data.

Salah satu sumber belajar yang efektif untuk mencapai kompetensi yang diharapkan bagi peserta didik adalah laboratorium.

Pada tingkat Sekolah Menengah Pertama, laboratorium yang tersedia umumnya adalah laboratorium IPA, laboratorium bahasa dan laboratorium komputer. Laboratorium merupakan inovasi guru atau sekolah untuk mendobrak keterbatasan.

Kepala Sekolah SMPN 19 Purworejo Wahyudi Waluyojati, berterima kasih kepada Waskita Karya yang bersedia membangun dan memulihkan fasilitas laboratorium matematika SMPN 19 Purworejo.

"Dengan adanya fasilitas laboratorium matematika ini dapat meningkatkan kemampuan individu siswa dalam belajar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto mengaku terinspirasi dari Waskita Karya. Selain menjalankan bisnis perusahaan, Waskita juga peduli terhadap dunia pendidikan yang berkontribusi positif untuk seluruh masyarakat.
 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019