Kami ingin membawa manfaat agar tuntutan sebagai santri milenial, produktif, inovatif dapat tercapai
Sukoharjo (ANTARA) - Wadah pemasaran berbasis digital pasarsantri.com mendorong para santri pondok pesantren berani berkarya untuk selanjutnya dipasarkan kepada masyarakat luas.

"Pasarsantri.com ini membuka jalan baru ke depan terkait program kesantrian. Kami ingin membawa manfaat agar tuntutan sebagai santri milenial, produktif, inovatif dapat tercapai," kata Pendiri dan CEO pasarsantri.com Resta Sarlil pada peluncuran pasarsantri.com di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa.

Ia optimistis pasarsantri.com tersebut akan banyak diminati para santri mengingat potensi ekonomi khususnya dari pondok pesantren sangat besar.

Baca juga: DPP IPI: Santri harus optimistis hadapi revolusi 4.0

"Berdasarkan Pangkalan Data Pondok Pesantren, jumlah pondok pesantren terdaftar yang ada di Indonesia saat ini mencapai 25.938 pondok pesantren. Ini potensi besar," katanya.

Ia mengatakan sebelum berdiri, Resta dengan beberapa alumnus sejumlah pondok pesantren di Indonesia aktif memberikan pelatihan di beberapa pesantren untuk meningkatkan kemampuan para santri.

"Saya kebetulan berlatar belakang desain. Sejak pertengahan tahun 2018 kami aktif berkunjung ke pondok pesantren terutama di pedesaan dan membuat kelas kecil. Di situ kami mengajar desain, wirausaha, dan beberapa bidang lain," katanya.

Ia mengatakan pelatihan tersebut penting diberikan karena selama ini produk hasil karya santri seringkali kalah saing dengan produk yang sifatnya lebih universal. Padahal, banyak hasil karya santri yang tidak kalah kreatif.

"Kalau mereka mau memanfaatkan e-commerce umum untuk memasarkan produk, seringnya produk-produk dari santri sudah terkubur di bawah. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk mendirikan pasarsantri.com ini. Sejauh ini sudah ada 38 pondok pesantren yang mendaftar," katanya.

Menurut dia, manifestasi pasarsantri.com ini adalah bagaimana para santri bisa ikut terlibat dalam meramaikan era revolusi industri 4.0.

Sementara itu, dikatakannya, pasarsantri.com yang ke depan akan mengarah pada e-commerce ini tidak hanya sebagai tempat untuk jual beli produk tetapi juga memfasilitasi hasil karya nonkomersial para santri, seperti tulisan.

"Di pasarsantri.com ini juga akan kami lengkapi dengan informasi mengenai keberadaan pondok pesantren di seluruh Indonesia. Akan ada galeri pondok pesantren yang berisi daftar pondok pesantren di seluruh Indonesia, profil masing-masing pondok pesantren, dan dilengkapi dengan denah lokasi. Ini penting karena seringkali pondok pesantren di pelosok kurang terdeteksi, di sini bisa diarahkan," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi sampaikan ucapan Selamat Hari Santri
Baca juga: PBNU: Revolusi Industri 4.0, santri jangan kehilangan jati diri

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019