Bola Basket

Ke Serbia tanpa pemain asing, ini jadwal timnas basket putra

Ke Serbia tanpa pemain asing, ini jadwal timnas basket putra

Para pemain dan jajaran pelatih tim nasional bola basket putra seusai sesi latihan di GBK Arena, Jakarta, Selasa (22/10/2019). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket putra Indonesia akan bertolak ke Serbia menjalani pemusatan latihan selama tiga pekan tanpa kehadiran pemain asing.

Pasalnya, timnas akan bertolak ke Serbia pada Kamis (24/10) malam, sedangkan pemain asing yang rencananya bakal dinaturalisasi baru tiba di Indonesia sehari sebelumnya.

"Kemungkinan besar tidak ikut. Karena dia juga harus pemulihan kondisi kebugaran juga setelah satu bulan lebih tidak melantai," kata manajer timnas basket putra Maulana Fareza Tamrella ditemui di GBK Arena, Jakarta, Selasa.

Pemain yang dimaksud adalah Lester Prosper, bigman berpaspor Britania Raya kelahiran Virgin Islands dan sempat meniti karier di Liga Bola Basket Filipina (PBA).

Baca juga: CdM sambangi timnas basket putra, dimintai tolong soal naturalisasi

Prosper jadi kandidat pemain naturalisasi baru pilihan pelatih kepala timnas basket putra Rajko Toroman, menyusul batalnya proses meng-Indonesiakan Denzel Bowles karena berbagai alasan.

Rencananya, selama timnas basket menjalani pemusatan latihan di Serbia, Prosper akan dititipkan kepada salah satu klub peserta Liga Bola Basket Indonesia (IBL) untuk mengikuti sesi latihan dan pemulihan kebugaran bertanding.


Jadwal timnas di Serbia

Menurut Coach Toro, panggilan akrab Toroman, anak-anak asuhannya bakal membidik peningkatan kemampuan yang signifikan selama tiga pekan di Serbia.

"Nantinya kami akan menjalani sembilan pertandingan uji coba di sana. Peningkatan adalah kata kunci yang coba kami penuhi saat ini," tuturnya.

Meski hanya menghadapi tim-tim kecil atau kasta kesekian di Serbia, baik Coach Toro maupun Fareza meyakini timnas basket putra bakal menangguk pengalaman penting selama menghabiskan tiga pekan di negara asal sang pelatih.

"Sepertinya Serbia punya pola permainan yang paling cocok dengan apa yang coba diterapkan timnas kita," ujar Fareza yang akrab disapa Mocha itu.

Berikut jadwal pertandingan uji coba timnas basket putra selama berada di Serbia:

Senin (28/10) vs Radnicki Beograd (Liga Serbia 2-MLS, setara kasta kedua)
Rabu (30/10) vs Stari Banovci (KLS, kasta utama)
Sabtu (31/10) vs OKK Begrad (KLS)
Rabu (4/11) vs Vrsac (KLS)
Jumat (6/11) vs Mladost Zemun (KLS)
Sabtu (7/11) vs Metalac Valjevo (KLS)
Rabu (11/11) vs KK Vojvodina (KLS)
Jumat (13/11) vs Tamis (KLS)
Sabtu (14/11) vs Kolubara LA 2003 (KLS)

Baca juga: Prestasi di antara drama, potret lima tahunan bola basket Indonesia

Baca juga: Ikut pelatnas, Abraham disemangati pelatihnya di Stapac

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menpora targetkan 45 medali emas pada SEA Games 2019

Komentar