Bukan menteri, Gerindra ajukan Fadli Zon untuk posisi Ketua BKSAP

Bukan menteri, Gerindra ajukan Fadli Zon untuk posisi Ketua BKSAP

Wakil Ketua DPR periode 2019-2024, Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di kediaman Prabowo Subianto Jalan Kertanegara Nomor IV Jakarta, Selasa (22/10/2019). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Besok akan kami ajukan nama-nama lengkap komisi dan AKD
Jakarta (ANTARA) - Ternyata politisi Gerindra, Fadli Zon tidak diusulkan sebagai Menteri karena akan ditunjuk sebagai Ketua Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKSAP).

Di posisi itu, Gerindra berharap agar Fadli bisa menjalankan fungsi-fungsi diplomatik antarparlemen.

"Iya pasti, (Fadli Zon) Ketua BKSAP. Badan Kerjasama Antar-Parlemen. Posisi paling penting," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Prabowo bertemu elit PKS di Kertanegara IV, Dahnil: Silaturahim

Dasco, yang juga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 2019-2024 mengatakan pengajuan Fadli akan dilakukan besok (23/10) dalam rapat anggota DPR.

"Besok akan kami ajukan nama-nama lengkap komisi dan AKD," ujar Dasco.

Selain Fadli, Fraksi Gerindra juga akan mengajukan nama anggota DPR, Supratman Andi Agtas untuk menempati kembali posisi lamanya sebagai Ketua Badan Legislasi DPR.

"(Ketua) Baleg kami, pak Supratman Andi Agtas," kata Dasco.

Dasco mengatakan Gerindra telah sepakat tidak mengambil kursi Ketua Komisi. Menurut dia, Pimpinan BKSAP dan Baleg lebih strategis.

Baca juga: Gerindra dapat dua menteri, NasDem terima "lapang dada"
Baca juga: Gerindra: Edhy Prabowo kemungkinan Menteri Kelautan dan Perikanan


"Kalau terkait AKD memang kita sudah sampaikan beberapa waktu yang lalu bahwa kami memang tidak mengambil pimpinan di komisi. Tapi kami mengambil pimpinan di BKSAP, dan Badan Legislasi," kata dia.

Sebelumnya, Fadli Zon sempat diisukan sebagai salah satu nama yang akan menempati posisi Menteri di Kabinet Kerja jilid II.

Isu itu dihembuskan salah satunya oleh Politikus PDI Perjuangan Kapitra Ampera. Ia begitu yakin jika Fadli Zon akan masuk dalam kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin sebagai salah satu menteri.

"Saya yakin Fadli Zon masuk. Ini pendapat pribadi, bukan partai," katanya, usai diskusi Forum Jurnalis Merah Putih "Jokowi di Pusaran Kepentingan, Minta Ini Minta Itu", di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta, Selasa.

Fadli Zon pun mengatakan wacana yang menyebut dirinya diproyeksikan sebagai salah satu menteri dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin, hanya merupakan isu.

"Halah, itu isu-isu," ujar Fadli seraya tersenyum.

Fadli Zon pada 2014 sampai 2019 lalu menjabat sebagai Wakil Ketua DPR. Sebelum kemudian digantikan oleh Prabowo Subianto untuk menduduki posisi yang lebih penting.

Baca juga: Hadiri pelantikan, Fadli Zon cerita soal pemberian keris dari Prabowo
Baca juga: Diproyeksikan sebagai menteri Jokowi, Fadli Zon: Itu isu

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

DPR dukung pemerintah batasi WNA ke Papua

Komentar