ukuran ponsel semakin besar sehingga sulit untuk menjangkau menu di bagian atas layar dengan satu tangan
Jakarta (ANTARA) - Pada akhir September lalu Yahoo melakukan sejumlah perubahan, tidak hanya mengganti desain logo, namun juga memperbarui Yahoo Mail.

Dalam surat elektronik kepada ANTARA, Senior Director of Product Management for Yahoo Mail, Joshua Jacobson, mengungkapkan bahwa proses pengembangan pembaruan Yahoo Mail dilakukan selama satu tahun.

Baca juga: Pascaperubahan logo, Yahoo sebut ada peningkatan

"Sekitar satu tahun perencanaan, pembuatan prototipe, pengujian, dan pemahaman, kami bekerja sebagai tim dalam menyelesaikan berbagai masalah," ujar Joshua.

Dalam proses pengembangan pembaruan Yahoo Mail, Joshua mengatakan Yahoo mencermati pengguna melalui penilaian, ulasan, umpan balik dan survei.

Tidak hanya itu, Yahoo bahkan mengundang pengguna untuk terlibat dalam pembaruan Yahoo Mail.

"Seminggu sekali kami mengundang beberapa dari mereka ke kantor kami untuk mempelajari bagaimana kami bisa menyelesaikan masalah yang mereka alami saat menggunakan email," kata Joshua.

Baca juga: Cara cepat bersihkan email di inbox

Joshua menyebut ukuran ponsel semakin besar sehingga sulit untuk menjangkau menu di bagian atas layar dengan satu tangan, menjadi salah satu masalah yang dirasakan pengguna.

Pengguna juga seringkali merasa sulit untuk menemukan hal-hal seperti lampiran, dan merasa semua data yang terkubur di tengah-tengah banyaknya pesan. Fitur-fitur baru pada aplikasi Yahoo Mail berusaha mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Yahoo perkenalkan Mail Go dan mobile web baru

Berikut lima fitur baru Yahoo Mail.

1. Disain tampilan
Antarmuka diubah dan dibangun dengan mempertimbangkan layar ponsel yang lebih tinggi memungkinkan untuk penggunaan satu tangan secara intuitif dengan bilah navigasi baru di bagian bawah layar.

2. Foto dan file satu tempat
Terdapat View yang memungkinkan akses dan navigasi mudah untuk semua lampiran surat, termasuk berkas penting, dokumen perjalanan, tiket acara, dan foto.

3. Manajemen langganan email
Dengan View khusus bagi yang berlangganan, pengguna dapat menelusuri email berlangganan mereka dan berhenti berlangganan newsletter apa pun dengan sekali tekan tanpa meninggalkan aplikasi.

4. Tema
Kini pengguna dapat memilih 14 warna berbeda yang tersedia dalam mode terang atau gelap.

5. Aksesibilitas
Mendukung pembaca layar, seperti Talkback di Android dan VoiceOver di iOS untuk pengguna dengan gangguan penglihatan, dan mendukung pengubahan ukuran teks guna meningkatkan kontras bagi pengguna dengan penglihatan yang kurang baik.


Baca juga: Yahoo belum berminat buat aplikasi media sosial

Baca juga: Fitur Gmail paling dinanti akhirnya datang untuk Android dan iOS

Baca juga: 5 tips produktif dengan Gmail

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019