Pasar saham Australia dibuka melemah dengan kerugian luas

Pasar saham Australia dibuka melemah dengan kerugian luas

Bendera Australia dan bursa Efek Autralia dengan panah merah turun. ANTARA/Shutterstock/pri

Obligasi naik semalam, tetapi emas turun dan yen Jepang tidak berubah
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Rabu, dengan kerugian luas di seluruh indeks, tidak termasuk saham sumber daya yang sedikit lebih tinggi.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 21,30 poin atau 0,33 persen pada 6.649,90 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 18,50 poin atau 0,27 persen pada 6.760,10 poin.

"Sentimen global beragam. Obligasi naik semalam, tetapi emas turun dan yen Jepang tidak berubah. Hasil beragam untuk aset-aset safe haven menunjukkan penghindaran risiko menemukan keseimbangan," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Saham-saham sumber daya adalah pengecualian di pasar Aussie dengan sektor energi dan material terangkat sedikit lebih tinggi.

Namun kerugian luas didominasi oleh kemerosotan dalam perawatan kesehatan, kebutuhan pokok konsumen, layanan teknologi dan komunikasi.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melemah dengan Commonwealth Bank turun 0,31 persen, ANZ turun 0,11 persen, National Australia Bank turun 0,45 persen dan Westpac Bank turun 0,21 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dengan BHP turun 0,28 persen, Rio Tinto naik 0,63 persen, Fortescue Metals naik 2,82 persen, dan penambang emas Newcrest turun 0,31 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas juga bervariasi dengan Oil Search turun 0,71 persen, Santos naik 0,97 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,32 persen.

Supermarket terbesar Australia melemah dengan Coles turun 0,94 persen dan Woolworths turun 0,91 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,83 persen, perusahaan penerbangan nasional Qantas naik 0,23 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 0,71 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia ditutup menguat dengan sebagian sektor membaik
Baca juga: Pasar saham Australia berakhir hampir tak berubah

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar