Jakarta (ANTARA) - Sebuah rumah berlantai dua di Jalan Pekayon, RT 01/RW 10, Kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan, ludes terbakar pada Rabu.

Diduga api berasal dari studio musik yang berada di dalam rumah tersebut.

Kepala Ops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Sugeng mengatakan, api pertama kali dilihat oleh asisten rumah tangga saat berada di lantai dua rumah.

"Penyebab diduga arus listrik berasal dari studio musik keluarga yang ada di dalam rumah," kata Sugeng saat dikonfirmasi.

Baca juga: 22 unit mobil damkar bergerak menuju Bidaracina
Baca juga: Warga Bidaracina histeris ketahui rumahnya terbakar


Sugeng menyebutkan, dua asisten rumah tangga, yakni Asih dan Yeni sedang naik ke lantai dua rumah yang diketahui milik Ibu Betty tersebut. Lalu keduanya melihat ada asap mengepul disertai api berasal dari studio musik milik keluarga tersebut.

Api yang berasal dari studio musik berukuran 1x2 meter lalu menyambar ke ruangan lainnya. Kejadian dilaporkan sekitar pukul 07.30 WIB.

Bangunan berlantai dua tersebut juga memiliki beberapa ruangan yang terbuat dari material kayu, seperti pendopo sehingga api
mudah api menyambar bangunan tersebut.
Petugas Sudin Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan proses pendinginan di rumah yang terbakar di wilayah Ragunan, Pasar Minggu, Rabu (23/10/2019) (ANTARA/HO/Sudin Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan)

"Api menyambar seluruh ruangan bangunan berlantai dua dengan luas terbakar 200 meter persegi, termasuk alat musik yang ada di dalam studio hangus terbakar," kata Sugeng.

Sudin Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan mengerahkan sekitar 10 unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

Pemadaman dipimpin oleh Kepala Pleton Grup C Sektor IX Kecamatan Pasar Minggu. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.00 WIB.

"Kerugian akibat kebakaran ditaksir sekitar Rp500 juta," kata Sugeng.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019