Zhuhai, Tiongkok (ANTARA) -- Pemerintah Tiongkok resmi membentuk China Media Group (CMG) sebagai super holding media-media nasional di Tiongkok pada tanggal 21 Maret 2018. Pembentukan super holding media ini tak lain untuk memungkinkan pemerintah Tiongkok untuk kendali lebih luas akan arus informasi dalam upaya mendukung rencana ambisius pemerintah Tiongkok dalam membangun jaringan perdagangan di seluruh dunia yakni Jalur Sutera Maritime Abad ke-21 (Jalur Sutera).

Dipimpin oleh Shen Haixiong yang notabene adalah kepala propaganda provinsi Guangdong dan juga wakil menteri Departemen Publisitas Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok (CPC), CMG meliputi China Central Television, China National Radio, dan China Radio International, dan 19 channel televisi dan sebuah aplikasi berita baru.

Anggota Editing Affairs Committee of CMG Hu Bangsheng mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjalin kerjasama dengan seluruh media di dalam negeri maupun di seluruh dunia untuk mengoptimalkan penyebaran informasi dan mempromosikan berbagai potensi ekonomi yang ditawarkan oleh inisiatif Jalur Sutera.

"Kami sangat menantikan untuk dapat bekerjasama dengan lebih banyak media di dalam negeri dan juga di seluruh dunia agar dapat mengoptimalkan diseminasi informasi," ujarnya dalam di ajang The 3rd 21st Century Maritime Silk Road China (Guangdong) International Communication Forum di Zhuhai, provinsi Guangdong, Tiongkok, Selasa.

Sebagai salah satu langkah pertama dalam mendukung pengimplementasian inisiaitif Jalur Sutera, CMG, yang bekerjasama dengan pemerintah provinsi Guangdong, menyelenggarakan event The 3rd 21st Century Maritime Silk Road China (Guangdong) International Communication Forum dalam rangka mempromosikan wilayah megalopolis Guangdong-Hong Kong-Makau Greater Bay Area (GBA) pada 21-23 Oktober 2019, di Zhuhai, Guangdong.

Mengundang sekitar 30 media dari dalam (Tiongkok) dan luar negeri, serta ratusan perwakilan pemerintah negara-negara sahabat, Forum ini dirancang sebagai platform untuk mempromosikan perdagangan, kebudayaan, dan pariwisata provinsi yang merupakan salah satu titik awal dari Jalur Sutera.

Kepala Departemen Publisitas CPC provinsi Guangdong Fu Hua mengajak para hadirin, khususnya media, untuk membantu mempromosikan kawasan GBA.

"Tak lupa, saya pun mendorong para representatif pemerintah untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan pemprov Guangdong," tukasnya.

Pewarta: Primasatya
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019