ini sangat luar biasa masyarakat Kayaan Mendalam mampu menyelenggarakan festival budaya
Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Pembukaan festival budaya Kayaan Mendalam, di Desa Data Dian, Kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu Kalimantan Barat berlangsung meriah dengan persembahan berbagai seni dan budaya khas suku Dayak Kayaan.
 
Festival budaya Kayaan Mendalam itu dilaksanakan mulai 23 - 26 Oktober 2019, dengan tema " Seni budaya Kayaan Mendalam gerbang pariwisata daerah.
 
Mewakili Bupati, Kapuas Hulu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, Rabu, mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan festival budaya tersebut.
 
Menurut dia, melalui festival budaya Kayaan Mendalam salah satu upaya masyarakat di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) mendalam melestarikan seni budaya peninggalan para leluhur.
"Menyelenggarakan festival budaya bukanlah sesuatu yang mudah, jika tidak ada kerja sama dan kekompakan masyarakat, ini sangat luar biasa masyarakat Kayaan Mendalam mampu menyelenggarakan festival budaya," kata Petrus.
 
Dirinya berharap para generasi muda terus menjaga dan melestarikan seni budaya sehingga tidak hilang ditelan zaman.
 
"Mari kita jaga dan lestarikan seni budaya serta adat istiadat kita," ucap Petrus.
 
Dalam kesempatan tersebut, Petrus juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu juga akan menyelenggarakan Festival Danau Sentarum yang akan dilaksanakan pada 25 hingga 27 Oktober 2019.
 
"Kami mohon kehadiran seluruh masyarakat Kapuas Hulu, mohon dukungan dan kita sukseskan bersama-sama festival tersebut, sekali lagi semoga seni budaya kita tetap terjaga," ucap Petrus.

Baca juga: Festival Budaya Dayak di Bengkayang ajang promosi budaya
Baca juga: Festival adat Dayak Meratus tampilkan budaya asliBaca juga: Mengangkat potensi surga kecil Danau Sentarum
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019