Lamongan, Jawa Timur (ANTARA) - Hasil positif diraih Persela Lamongan dengan menundukkan tamunya Persebaya Surabaya 1-0 pada lanjutan Liga I 2019 yang berlangsung di Stadion Surajaya, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu.

Hasil ini membuat anak asuh Nil Maizar keluar dari zona degradasi klasemen sementara Liga I, sedangkan bagi "Bajul Ijo" julukan Persebaya, hasil ini memperpanjang tren negatif usai sebelumnya ditundukkan Persib Bandung dengan skor 4-1.

Gol tim berjuluk "Laskar Joko Samudro" dilesakkan pada menit ke 63 oleh Malik Risaldi, setelah menerima bola pantulan dari Alex dos Santos yang sebelumnya menerima umpan panjang dari sisi kanan pertahanan Persebaya.

Dalam laga itu, Persela Lamongan sebagai tuan rumah bermain sangat hati-hati sejak menit pertama, sedangkan Persebaya bermain menyerang melalui "direct" bola ke jantung pertahanan lawan.

Pola permainan Persebaya ini membuat tim kebanggaan "Bonekmania" (julukan suporter Persebaya) sempat mendapatkan peluang di babak pertama, namun umpan yang diarahkan Irfan Jaya masih mampu ditangkap penjaga gawang, Dwi Kuswanto.

Persela juga sempat mendapatkan peluang, ketika Malik Risaldi lolos dari jebakan "offside". Namun tampilan cemerlang kiper Persebaya Miswar Saputra mampu melalukan penyelamatan bola.

Sepuluh menit sebelum babak pertama usai, tensi permainan kedua tim mulai meningkat, namun hasil di paruh pertandingan itu kedua tim masih berbagi angka 0-0.

Memasuki babak kedua, Persela mulai berani bermain menyerang melalui motor penggerak pemain asal Jepang, Kei Hirose, dan mendapat peluang di menit 60, namun sundulan Alex dos Santos terlalu lemah, sehingga bisa diantisipasi Miswar Saputra.

Terus menyerang membuat Persela kembali membuka peluang, dan dari sektor kanan salah satu pemain Persela memberi umpang panjang ke gawang Persebaya lalu disambut oleh Alex dos Santos.

Sambutan ini sempat dihalau penjaga gawang Persebaya, namun bola malahan mengarah ke Malik Risaldi yang siap membobol gawang Persebaya, dan terjadilah gol yang mengubah skor menjadi 1-0, dan bertahan hingga pertandingan usai.

Pada laga itu, Wasit Asep Yandis mengeluarkan lima kartu kuning, tiga untuk pemain Persebaya dan sisanya untuk Persela.

Kemenangan ini merupakan balasan dari Persela Lamongan yang saat bertandang ke Surabaya harus menelan kekalahan 3-2 di putaran pertama.

Susunan pemain Persela :

(G).Dwi Kuswanto, 2.M Zaenuri, 4.Bruno Costa, 14.Birrul Walidain, 13.Lucky Wahyu, 23.Izmy Hatuwe, 77.Malik Risaldi, 8.Kei Hirose, 26.Rafinha, 99.Delfin Rumbino, dan 10.Alex dos Santos.

Susunan pemain Persebaya :

(G).Miswar Saputra, 14.Ruben Sanadi, 29.M Syaifuddin, 12.Rendi Saputra (27.Fandi Eko Utomo 72'), 23.Hansamu Yama, 96.Muhammad Hidayat, 22.Abu Rizal Maulana, 28.Aryn Williams, 8.Oktafianus Fernando (88.Alwi Slamat 69'), 7.David Da Silva, 41.Irfan Jaya (17.Elisa Basna 85')

Baca juga: Persebaya menang perdana di kandang usai menang 3-2 lawan Persela

Baca juga: Pelatih Persebaya minta pemain fokus di menit awal lawan Persela


 

 

 

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019